Kenali Perbedaan OCR dan MICR Agar Tidak Tertukar

2023-05-10T12:00:51+07:00 April 9th, 2023|Categories: OCR|Tags: , |

integrasolusi.com – Jenis perangkat input pemindai terbagi atas beberapa jenis. Piranti ini umumnya dipakai untuk mengambil citra terformat, yang berarti format huruf dan bentuknya telah ditentukan. Dengan adanya teknologi itu, perangkat ini pun dapat menerima masukan yang lalu ditransformasikan jadi sinyal digital. 

Dalam hal ini, OCR dan MICR adalah jenis perangkat input pemindai yang banyak digunakan. Agar lebih paham fungsinya, yuk simak perbedaan OCR dan MICR!

OCR atau Pengenal Karakter Optis

Definisi OCR

Optical Character Recognition (OCR) juga dikenal sebagai pengenal karakter optis. Ini adalah teknologi yang bisa mengenali tulisan dalam sebuah gambar dan kemudian mengubahnya jadi teks yang bisa dibaca di komputer. Teknologi pengenalan karakter ini bisa diaplikasikan pada tulisan buatan tangan dan digital. 

Fungsi OCR

Adapun beberapa fungsi utama dari OCR adalah sebagai berikut.

  • Teknologi OCR dapat dimanfaatkan untuk memindai dan menghasilkan data yang berbentuk karakter dari suatu objek.
  • Mengonversi gambar/foto menjadi dokumen atau data teks. Gambar yang memiliki karakter dengan mudah dikonversi jadi data teks dengan menggunakan software OCR yang terpasang di komputer. Tidak cuma itu, beberapa aplikasi OCR juga bisa mengonversi objek foto/image jadi data teks dalam format dokumen office, seperti pdf atau doc. 

 

Baca juga: OCR, Alat Konversi Tulisan Tangan Menjadi Dokumen Digital

 

MICR atau Magnetic Ink Character Recognition

Definisi MICR

MICR adalah salah satu jenis teknologi pengenalan karakter yang biasanya dipakai di industri perbankan. Teknologi ini umumnya dimanfaatkan untuk memudahkan pemrosesan bilyet giro ataupun cek. 

Baca juga:  6 Cara Mengurangi Rasa Malas di Kantor Saat Berpuasa

Fungsi MICR

Berikut adalah beberapa fungsi utama dari MICR.

  • Alat MICR biasanya digunakan untuk mendeteksi tulisan yang menggunakan tinta magnet. Teknologi ini tentunya dibuat untuk memastikan keamanan atas suatu surat atau dokumen berharga. Dengan demikian, dokumen berharga tersebut akan sulit untuk dipalsukan.
  • MICR adalah alat yang mampu menyediakan teknik pemindaian dan pemrosesan informasi yang lebih aman, terlindungi, serta cepat.
  • Teknologi MICR memiliki keakuratan yang tinggi karena mampu membaca karakter pada dokumen yang rusak atau cacat sekalipun. 

 

Baca juga: Apa Saja Jenis Data yang Dapat Diproses dengan OCR?

 

Tentunya, dengan mengetahui pengertian hingga fungsi dari OCR dan MICR, kamu jadi lebih paham perbedaan antara keduanya. Hal ini karena, meski sama-sama termasuk perangkat input pemindai, keduanya memiliki fungsi yang berbeda.