Memahami 6 Tahapan Proses OCR

2023-05-10T12:01:39+07:00 April 6th, 2023|Categories: OCR|Tags: , |

integrasolusi.com – Secara sederhana, Optical Character Recognition (OCR) atau Pengenalan Karakter Optik merupakan proses pemindaian teks dalam file berformat gambar yang kemudian dikonversi menjadi dokumen teks. Dengan demikian, file dapat disunting dan diproses sesuai kebutuhan. Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang terbiasa bekerja dengan data. 

 

Baca juga: Apa Saja Jenis Data yang Dapat Diproses dengan OCR?

 

Teknologi OCR sangat berguna untuk memudahkan proses analisis, mengoptimalisasi proses pengolahan data, hingga meningkatkan produktivitas. Hanya dengan satu software, Anda tidak lagi kesulitan dalam menyunting, menyalin, atau mengedit data teks gambar. Bagaimana cara kerja fitur ini? Berikut ini tahapan proses OCR yang perlu Anda ketahui. 

Akuisisi Citra 

Dalam proses tahapan proses OCR yang pertama ini, dokumen gambar akan dipindai dan dikonversi menjadi data biner. Software akan menganalisis gambar dan mengklasifikasikan bagian yang terang sebagai background dan bagian yang gelap sebagai teks. 

Prapemrosesan

Pada bagian ini, software OCR akan membersihkan gambar dari bagian-bagian yang kurang sempurna dan dapat mengganggu proses pemindaian, seperti bercak dan garis-garis yang mengenai teks. Dalam tahap ini, teks dalam gambar akan mulai dikenali oleh sistem.   

Pengenalan Teks

Dalam tahapan OCR ini, setiap kata akan diidentifikasi untuk disegmentasikan menjadi karakter terpisah. Teks mulai terbaca sistem, kemudian data akan diproses hingga siap memasuki proses selanjutnya. 

Pencocokan Pola

Tahapan proses OCR selanjutnya ini, software akan mengisolasi citra karakter (glyph) dan membandingkannya dengan glyph yang tersimpan dalam sistem. Font dan skala dalam gambar akan dicocokkan. Proses ini akan berjalan dengan baik bila font yang digunakan dalam gambar merupakan font yang umum digunakan.  

Baca juga:  Tren Teknologi Informasi yang Harus Diperhatikan Bisnis Anda di Tahun 2024

Ekstraksi Fitur

Dalam tahapan ini, glyph akan diurai menjadi fitur tertentu, seperti garis, lengkungan, hingga perpotongan garis. Setelah diekstraksi, fitur-fitur tersebut akan dicocokkan dengan beragam glyph yang telah tersimpan sebelumnya. 

Pascapemrosesan

Tahapan proses OCR yang terakhir adalah pascapemrosesan. Pada tahap ini, data teks telah siap dikonversi menjadi file dokumen yang terkomputerisasi. Ada pula sistem OCR yang bisa menyertakan dokumen versi sebelum dan setelah dipindai. 

 

Baca juga: Teknologi OCR untuk Kemudahan Pencarian Dokumen Digital

 

Demikian informasi tentang cara kerja OCR yang penting Anda ketahui. Meskipun terkesan rumit, teknologi ini sangat membantu produktivitas. Utamanya, bagi Anda yang bekerja di bidang data dan sering kali menemukan file yang sulit diproses karena perbedaan format.