Memahami Kegunaan OCR dan Cara Kerjanya dalam Manajemen Surat Masuk Keluar

2023-05-10T16:19:14+07:00 March 31st, 2023|Categories: OCR|Tags: , , |

integrasolusi.com – Teknologi Optical Character Recognition atau OCR merupakan salah satu fitur pada aplikasi manajemen persuratan. Lalu, apa bagaimana cara kerja dan kegunaan OCR?

Mengenal OCR dan Cara Kerjanya

OCR dapat dipahami sebagai teknologi yang bermanfaat untuk mengumpulkan informasi dan mengekstrak data dari sebuah gambar lalu mengubahnya menjadi teks digital. Dalam manajemen persuratan, OCR bermanfaat untuk mengkonversi dokumen fisik menjadi digital sehingga lebih mudah diarsipkan.

Inilah mengapa fitur OCR bisa ditemukan dengan mudah dalam aplikasi persuratan online. OCR juga dibutuhkan dalam peralihan sistem arsip, dari manual ke digital. Hal tersebut membuat teknologi pengenal karakter optis ini banyak dibutuhkan, baik di perusahaan maupun lembaga.

 

Baca juga: Apa Saja Jenis Data yang Dapat Diproses dengan OCR?

 

Manfaat dan Kegunaan OCR

Keberadaan OCR memiliki banyak manfaat dan kegunaan, di antaranya:

Manfaat OCR

  1. Memudahkan Pencarian Teks dan Dokumen

Dokumen fisik yang dikonversi dalam bentuk digital tentu lebih mudah dicari. Dengan sistem arsip yang mumpuni, cukup dengan sekali klik saja kita dapat menemukan dokumen yang dibutuhkan. Hal ini tidak akan terjadi jika sistem konvensional masih digunakan.

  1. Efisiensi Sumber Daya

Dengan pengkonversian arsip dari fisik ke digital, kita bisa menciptakan lingkup kerja yang lebih efisien. Kita tidak lagi butuh banyak ruang dan tempat untuk menyimpan dokumen penting. Kita juga tidak perlu banyak orang dalam sistem pengarsipan. Cukup dengan aplikasi manajemen persuratan dan pengarsipan yang didukung OCR, kita bisa membuat penggunaan sumber daya lebih efisien.

Baca juga:  Apa Itu Jurnal Tata Persuratan? Ini Manfaatnya Untuk Administrasi Perusahaan

 

Baca juga: OCR, Alat Konversi Tulisan Tangan Menjadi Dokumen Digital

 

Kegunaan OCR untuk Manajemen Surat Masuk dan Keluar

  1. Industri Perbankan dan Keuangan

Salah satu kegunaan OCR adalah untuk membantu lembaga perbankan dan keuangan untuk melakukan verifikasi data pribadi nasabah secara online. Contoh: OCR akan mengubah foto KTP yang diunggah nasabah, lalu bank akan melakukan verifikasi dengan mengakses data dari dispenduk untuk memastikan keaslian KTP.

Hal ini dapat mengantisipasi risiko penipuan, sekaligus meningkatkan keamanan pengguna jasa perbankan dan keuangan dalam bertransaksi secara digital.

  1. Logistik

Kegunaan lain OCR ada di bidang logistik. Dengan adanya OCR, staff akan lebih mudah mencari tagihan atau surat jalan secara digital. Teknologi ini memungkinkan surat fisik dikonversi menjadi dokumen digital yang mudah diarsipkan dan dikategorisasikan sehingga sekali klik saja, kita bisa mendapat informasi yang dibutuhkan.

 

Baca juga: Teknologi OCR untuk Kemudahan Pencarian Dokumen Digital

 

Nah, itulah kegunaan OCR untuk surat masuk dan keluar serta kegunaan OCR secara umum. Semoga bermanfaat.