Kendala atau Kesulitan dalam Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

2024-01-04T09:38:19+07:00 January 7th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Proses untuk mendapatkan sertifikasi ISO 27001 membutuhkan waktu, sumber daya, keahlian, dan visi jangka panjang dari semua pihak yang terlibat dalam organisasi atau perusahaan. Tak heran, banyak perusahaan yang mengalami kendala dan hambatan sertifikasi ISO 27001 untuk mencapai standar internasional ini.

Apa Saja Kendala Dalam Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001?

Keputusan untuk mengejar penerapan ISO 27001 memang merupakan langkah yang benar, tapi ada banyak tantangan yang harus Anda hadapi sebelum mengantongi sertifikasi ini. Di antaranya:

1. Kurangnya Pemahaman Tentang Pedoman Penerapan ISO 27001

ISO 27001 itu rumit. Lampiran A ISO 27001 berisi 114 kontrol yang mencakup hampir semua aspek, mulai dari protokol keamanan informasi hingga manajemen insiden dan kelangsungan bisnis. Banyak hal yang harus diperhatikan dan membuat banyak pebisnis bingung harus memulainya dari mana.

2. Kurangnya Sumber Daya Internal

Kendala sertifikasi ISO 27001 selanjutnya adalah kurangnya sumber daya internal, seperti waktu dan keahlian karyawan sehingga menyebabkan keterlambatan saat membangun ISMS yang efektif. Hal ini merupakan tanggung jawab manajemen senior untuk memastikan tersedianya sumber daya yang sesuai. 

Agar berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 27001, Anda bisa menyewa pimpinan proyek yang memiliki wawasan luas untuk membuat IT master plan dan pengalaman terkait penerapan ISO 27001. Anda juga harus senantiasa berkomitmen serta melibatkan seluruh karyawan untuk berkoordinasi sebagai tim agar kendala ISO 27001 yang dialami bisa diatasi dengan cerdas dan tepat.

Baca juga:  Bagaimana Cara Bersaing dalam Bisnis Melalui Cybersecurity

3. Hambatan Dalam Membangun Kerangka Keamanan Informasi

Sebelum mulai sertifikasi ISO 27001, Anda harus memiliki kerangka kerja keamanan informasi yang kuat. Pasalnya, auditor akan menilai risiko keamanan siber terhadap kerangka kerja ini. Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus membangunnya dari awal. Inilah yang membuat proses sertifikasi ISO 27001 jadi mundur beberapa bulan.

 

Baca juga: Apa itu ISO 27001, Apa Tujuan dan Manfaatnya

 

4. Kurangnya Perencanaan

Mengajukan sertifikasi ISO 27001 tanpa rencana ibarat seperti mencoba menembak sasaran sambil menutup mata. Banyak perusahaan yang gagal dalam proyek ini karena tidak memiliki perencanaan yang jelas. Untuk itu, Anda memerlukan road map dengan pembagian tugas serta penetapan time line yang jelas.

5. Kendala Dalam Mendapatkan Dukungan Pemangku Kepentingan

Mendapatkan sertifikasi ISO 27001 adalah proses yang panjang, intensif, dan mahal. Anda harus menghadapi banyak kendala dan ini bisa jadi memecah belah beberapa pemangku kepentingan. Mungkin mereka berpikir Apakah ISO 27001 sepadan dengan kerumitannya?’ 

Anda dapat mengatasi keberatan tersebut dengan membangun business case yang menguraikan nilai sertifikasi ISO 27001. Ini mencakup manfaat sertifikasi ISO, seperti proses keamanan informasi yang lebih kuat dan meningkatkan reputasi perusahaan.

 

Baca juga: Syarat dan Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 27001

 

Itulah beberapa hambatan dan kendala sertifikasi ISO 27001 yang umumnya dihadapi oleh pebisnis. Dengan mengetahui kendala di atas, semoga Anda bisa mengantisipasinya agar tidak berakibat fatal ke depannya.