Kerja Lebih Efektif dengan Absensi Online

2023-11-13T10:57:09+07:00

integrasolusi.com – Kegiatan rutinitas yang selalu dinantikan oleh sobat office, dimasa pandemi yang belum berakhir ini ternyata bisa banyak hikmah didapatkan. Masih adanya work from home, tidak membuat alasan untuk berkarya dan bekerja, sama seperti halnya selama pandemi ini tidak alasan untuk tidak bertemu sobat office dimanapun berada. Hadirnya webinar Integra yang telah dilaksanakan dengan mengundang banyak antusias pendaftar, tepatnya acara berlangsung pada 04 November 2020 pada seri 12 kali ini kami mengangkat judul “Kerja Lebih Efektif dengan Absensi Online”. Judul ini sengaja diangkat berdasarkan hasil feedback pada webinar sebelumnya yang mana mayoritas peserta menginginkan topik absensi online karena mayoritas peserta masih malakukan kerja dari rumah sehingga diharapakan dengan pembahasan tersebut peserta dapat tercerahkan bagaimana absensi online dapat menjadi solusi di kala pandemi masih belum selesai.

Dikesempatan webinar kali ini yang bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Budi Arif Witjaksono beliau merupakan project manager di PT Integra Teknologi Solusi yang merupakan product owner dari aplikasi integraOffice Absensi. Sedangkan yang bertindak sebagai Host adalah Saudara Husin Isom Baya’sut beliau merupakan salah satu partner officer dari PT Integra Teknologi Solusi. Dari jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 72 orang dengan berbagai macam latar belakang seperti ASN, Civitas Akademika, karyawan BUMN, dan Swasta. Berdasarkan latar belakang profesi tersebut, pengetahuan tentang absensi online menjadi kebutuhan para peserta untuk diterapkan di masing-masing instansinya. Hal ini dapat tercermin dari hasil survei yang mana mayoritas peserta mengisikan ingin mengetahui cara penerapan absensi online sehingga dapat menjadikan kerja lebih efektif.

Pada awal presentasi narasumber menyampaikan tentang pentingnya absensi di mana karyawan merupakan “asset berharga” sekaligus “garis terdepan” pada perusahaan, untuk mencapai tujuan dan kesuksesan semua harus dikerjakan bersama-sama dengan karyawan. Untuk mencapai tujuan tersebut kenyamanan karyawan dalam bekerja juga harus diperhatikan, salah satunya pengelola SDM harus mempuyai sistem HR yang baik, salah satunya adalah sistem absensi. Lalu narasumber menjelaskan masalah-masalah yang umum terjadi terkait dengan absensi di antaranya:

  1. antrian panjang saat absen;
  2. rentan terjadi titip absen;
  3. kesulitan memantau absensi karyawan secara real-time;
  4. Ketika listrik padam maka tidak bisa absen;
  5. Sulit memantau pegawai yang bekerja di luar area kantor.
Baca juga:  Indonesia Maju, integraOffice Siap Maju Untuk Bangsa

Lalu bagaimana absensi online dapat berperan dalam efektivitas kerja? Narasumber melanjutkan penjelasannya bahwa ada 6 poin peran absensi online yang berpengaruh terhadap efektifnya kerja karyawan, di antaranya adalah:

  1. Tidak perlu antri ketika absen sehingga dapat mulai bekerja lebih tepat waktu.
  2. Pihak manajemen, atasan, dan HRD dapat langsung mengetahui jika ada karyawan yang tidak melakukan absen atau terlambat.
  3. Ijin jika ada keperluan saat kerja tidak perlu menghadap atasan, karena sudah ada status ijin yang sudah disepakati.
  4. Informasi ijin bila ada keperluan saat kerja bisa langsung diketahui oleh atasan dengan adanya notifikasi whatsapp.
  5. Dengan adanya fitur gamification tentang pengumuman pegawai teladan, diharapkan dapat memacu semangat karyawan dalam bekerja.
  6. Rekap data oleh HRD lebih mudah.

Absensi online apa yang dapat mengakomodasi kebutuhan di atas? Jawabannya adalah integraOffice Absensi (iOA). Pada iOA kebutuhan tersebut dapat disolusi hanya dengan perangkat android dan website tanpa perlu alat khusus seperti absensi konvensional, sehingga kesulitan yang berkaitan dengan proses absen dan rekap datanya bisa dilakukan dengan mudah dan murah, pungkasnya. Sebagai informasi harga langganan iOA hanya Rp15.000 per pengguna harga tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan value yang didapatkan. iOA juga mengadakan program partnership di mana jika ada perusahaan atau instansi yang menggunakan iOA atas rekomendasi Anda, maka Anda akan mendapatkan pasif income Rp6.000 dikalikan jumlah pengguna. Menarik bukan? Jadi, silahkan informasikan berita ini kepada siapa saja yang membutuhkan.