Layanan SaaS: Beberapa Keuntungan Bagi yang Suka Kemudahan

2023-12-18T09:54:27+07:00

integrasolusi.com – Untuk menjalankan sebuah bisnis atau organisasi, pasti dibutuhkan sebuah sistem. Tapi biaya untuk membeli sebuah sistem tidaklah murah. Belum lagi untuk biaya perawatannya. Oleh karenanya layanan  SaaS (Software as a Service) menjadi pilihan yang tepat. SaaS merupakan layanan yang menyediakan aplikasi siap pakai melalui Internet kepada pengguna, sehingga pengguna tidak perlu bersusah payah mensetting server atau belajar bahasa pemrogaman. Layanan ini bentuknya “subscribe” yang hanya membutuhkan pengguna untuk berlangganan dalam waktu tertentu.

Bagi yang tidak terlalu menguasai IT atau tidak ingin direpotkan dengan hal-hal teknis seputar software dan pemrogaman, cara ini boleh dipertimbangkan. Berikut adalah keuntungan menggunakan layanan SaaS:

  1. Biaya awal rendah. Seperti yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu membeli server dengan biaya sangat tinggi. Jika terjadi gangguan, tinggal hubungi penyedia layanan karena mereka yang akan memperbaiki.
  2. Kebebasan dalam Memilih. Sifat SaaS memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal pilihan teknologi. Sekarang lebih mudah bagi pengguna untuk memilih aplikasi yang ingin mereka gunakan dan untuk menghentikan penggunaan yang tidak lagi memenuhi kebutuhan mereka.
  3. Mudah diintegrasikan dan dikolaborasikan. Banyak penyedia SaaS juga menawarkan kustomisasi layanan guna memenuhi kebutuhan pengguna yang lebih spesifik.
  4. Mudah diakses. Pengguna internet saat ini sesungguhnya telah akrab dengan layanan model SaaS. Karena sistem layanannya berbentuk Cloud, pengguna dapat mengaksesnya di manapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan Internet.
  5. Sederhana dan mudah digunakan, namun bermanfaat. Pengguna tidak perlu khawatir akan sulitnya menjalankan program karena sudah didesain oleh penyedia layanan agar dapat digunakan dengan mudah ole hsemua pengguna.

Dengan kelebihan tersebut, layanan SaaS mulai banyak dilirik oleh masyarakat khususnya oleh kalangan pebisnis dan perusahaan. Integra e-Office merupakan salah satu penyedia layanan SaaS yang berfokus pada sistem administrasi dan manajerial perkantoran. Tujuan kami adalah memberikan solusi atas permasalahan kantor Anda melalui cara yang mudah pula. Kami memiliki beberapa pilihan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda di kantor.

Baca juga:  Konsep Bisnis, Data, Aplikasi, Teknologi (BDAT) Dalam Tata Kelola IT