Pedoman Tata Naskah Dinas Umum

2023-05-10T11:53:45+07:00 April 26th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Bagi Anda yang bekerja di lingkungan lembaga pemerintahan, naskah dinas mungkin bukan istilah yang asing. Naskah dinas sendiri bisa didefinisikan sebagai informasi tertulis dan alat komunikasi kedinasan yang ditulis dan diterima oleh pejabat di ruang lingkup lembaga tertentu. 

Naskah dinas ada dua macam yakni naskah dinas arahan dan naskah dinas korespondensi. Naskah dinas ditulis untuk mendukung proses penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Apa yang Dimaksud dengan Tata Naskah Dinas?

Tata Naskah Dinas atau TND merupakan aturan mengenai jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan distribusi maupun media yang dipakai untuk tujuan komunikasi kedinasan. TND berlaku secara umum di seluruh unit kerja atau perangkat daerah di instansi atau lembaga terkait.

 

Baca juga: Tata Naskah Dinas Elektronik, Pengertian dan Dasar Hukumnya

 

Ruang Lingkup dalam Pedoman Tata Naskah Dinas Umum

Secara umum, ada 5 hal yang termasuk ke dalam cakupan tata naskah dinas secara umum. Apa saja?

  1. Jenis dan format naskah dinas. Format dan jenis naskah dinas berbeda-beda tergantung tujuannya. Beberapa contoh naskah dinas antara lain adalah surat perintah, surat perjalanan dinas, surat pengantar, piagam dan lain sebagainya
  2. Pembuatan naskah dinas. Naskah dinas terdiri dari beberapa komponen mulai dari prinsip, penomoran, media, jarak spasi, jenis huruf, penentuan batas, nomor halaman, tembusan, lampiran, logo, paraf dan perubahan/pembatalan/ralat (jika ada)
  3. Pengamanan naskah dinas. Pengamanan naskah dinas dilakukan berdasarkan status surat. Status surat sendiri ada 4 yakni biasa/terbuka, terbatas, rahasia dan sangat rahasia
  4. Kewenangan/penandatanganan. Tanda tangan bisa dilakukan oleh pelaksana tugas, pejabat, atau pelaksana harian
  5. Pengendalian naskah dinas. Pengendalian naskah dinas dilakukan berdasarkan dua kategori yakni naskah dinas masuk dan naskah dinas keluar.
Baca juga:  Perbedaan Dokumen Umum dan Dokumen Surat

 

Baca juga: Tata Persuratan Elektronik, Solusi Pengelolaan Surat di Instansi Pemerintah

 

Setiap lembaga/instansi memiliki aturan tersendiri mengenai pedoman tata naskah dinas yang berlaku di lingkungan kerjanya. Untungnya saat ini sudah ada aplikasi persuratan inOffice yang akan memudahkan proses penyeragaman format surat.

Anda bisa memanfaatkan fitur template untuk membuat surat sesuai dengan format yang dibutuhkan. Nantinya, petugas tinggal melakukan penyesuaian isi tanpa perlu repot membuatnya dari awal. Rasakan semua kemudahan ini bersama inOffice dari PT Integra Teknologi Solusi!