“Poso Meole”, Aplikasi Hebat Dibalik Kesuksesan Pemkab Poso Tangani Keluhan Masyarakat

2023-05-25T14:51:57+07:00

integrasolusi.com– Salam Sobat Office !  sekarang ini perkembangan jaman semakin maju saja, diiringi pula teknologi informasi yang cukup pesat perkembangannya yang dapat memberi kita banyak kemudahan, terutama dalam penyampaian dan informasi yang dapat diakses secara real-time oleh masyarakat luas, apalagi saat ini masyarakat lebih mudah mengakses informasinya melalui smartphone masing-masing dimana saja dan kapan saja.

Selain itu,  saat ini juga pemerintah sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan keterbukaan informasi dan peningkatan kualitas layanan informasi bagi instansi pemerintahan baik di pusat atau daerah, yang harapannya dapat meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Indeks Pelayanan Publik (IPP) terhadap layanan yang diberikan oleh pemerintah tentunya.

Lantas Apa Hubungannya Era Keterbukaan Informasi Dengan Kepuasan Masyarakat?

Jadi Sobat Office, dengan adanya era keterbukaan informasi ini, lembaga/instansi pemerintahan dituntut untuk bisa berinovasi dan menciptakan terobosan-terobosan baru demi meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan oleh Lembaga/instansi pemerintahan.

Apa Saja Inovasi Dan Terobosan Yang Dapat Dilakukan?

Yang jelas banyak sekali cara untuk menciptakan inovasi-inovasi baru. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh Pemda Kabupaten Poso melalui Dinas Kominfo nya, membuat dan mengembangkan sebuah sistem aplikasi pelaporan, informasi dan penanganan keluhan masyarakat yang berbasis web dan mobile application.

Apa Sih Aplikasinya?

Aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Poso adalah Aplikasi  helpdesk “Poso Meole”. Aplikasi helpdesk “Poso Meole” ini dirancang sebagai aplikasi yang interaktif tentang laporan dan informasi yang terjadi di wilayah Kabupaten Poso secara visual dan sesuai lokasi (geo-location) serta real-time. Selain itu,  aplikasi “Poso Meole” ini, juga digunakan sebagai wadah komunikasi dua arah antara warga masyarakat dan Pemda Kabupaten Poso.

Baca juga:  Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E Office pada Sekretariat Kantor Distrik Sarmi Kabupaten Sarmi Papua

Yang mendasari pengembangan aplikasi helpdesk  “Poso Meole” ini adalah Pemda Kabupaten Poso ingin mengajak warga masyarakat dengan menggunakan smartphone masing-masing, untuk ikut  berparsipasi dalam memberikan informasi dan mengawal proses penanganan/tindak lanjut dari sebuah laporan atau informasi agar tepat sasaran dan sesuai dengan bidang instansi yang menanganinya

Berikut tampilan sekilas aplikasi “Poso Meole”

 

Atau dengan kata lain dalam aplikasi helpdesk  “Poso Meole” ini, masyarakat sebagai pengguna dapat melaporkan, mengupload informasi, memberi tanggapan atau komentar terhadap suatu konten dalam aplikasi. Semua laporan dan informasi dari masyarakat umum tadi, akan ditindaklanjuti oleh Dinas atau OPD terkait. Dengan begitu, semua informasi dan proses penanganan pelaporannya akan  tepat sasaran dan sesuai bidang instansinya. Dan yang paling penting adalah proses transparansinya, karena semua prosesnya dapat di pantau langsung oleh masyarakat sebagai pengguna aplikasi  helpdesk “Poso Meole”.

Nah Sobat Office ! dengan adanya aplikasi helpdesk “Poso Meole” ini, Pemda Kabupaten Poso turut andil mengimplementasikan keterbukaan informasi dalam mendukung program transparansi pemerintah dalam penyampaian informasi kepada publik terkait penyelenggaraan pemerintahan.selain itu juga mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam jalannya proses penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

 

Tertarik menggunakan Aplikasi Helpdesk seperti “Poso Meole”? langsung saja Klik disini untuk informasi detailnya

 

Semoga Bermanfaat dan Selamat Beraktivitas.