Wajib Tahu, Ini Dia Manfaat Aplikasi Perkantoran!

2023-05-10T11:26:12+07:00 May 24th, 2023|Categories: Persuratan|Tags: , , |

integrasolusi.com – Jika perusahaan Anda bekerja dengan menggunakan komputer, Anda tentu sudah tidak asing dengan aplikasi perkantoran. Aplikasi perkantoran merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan sekumpulan aplikasi atau software yang didesain untuk meningkatkan produktivitas.

Aplikasi perkantoran biasanya dibundel dan didistribusikan secara bersama-sama, memiliki interface yang konsisten serta bisa diintegrasikan dengan aplikasi lainnya. Aplikasi perkantoran pertama kali dikembangkan oleh Micropro International di awal tahun 1980-an bernama Starburst. Starburst terdiri atas aplikasi pengolah kata (WordStar), spreadsheet (CalcStar) dan database (DataStar).

 

Baca juga: 5 Referensi Aplikasi Perkantoran untuk Mempermudah Proses Administrasi

 

Sejak saat itu, aplikasi perkantoran terus mengalami perkembangan dengan semakin banyak aspek yang dapat ditangani. Mulai dari aplikasi akuntansi, Dokumen Manajemen Sistem dan aplikasi persuratan seperti inOffice Persuratan. Lantas, apa saja manfaat aplikasi perkantoran?

Membantu Meningkatkan Produktivitas Kerja

Adanya aplikasi perkantoran membuat berbagai pekerjaan yang tadinya dilakukan secara manual menjadi otomatis. Ini tentu akan menghemat waktu kerja yang dilakukan oleh karyawan. Pada akhirnya ini akan membuat proses kerja jadi lebih efisien dan hemat waktu.

 

Meniadakan Tugas Berulang dan Meringankan Beban Kerja

Terlalu banyak beban kerja terutama untuk hal-hal yang sifatnya berulang kerap membuat karyawan kelelahan. Ketika karyawan terlalu lelah, produktivitas akan menurun. Begitu juga dengan tingkat kepuasan mereka. Adanya aplikasi perkantoran akan membantu untuk meminimalisasi hal semacam ini sehingga karyawan lebih bahagia dan bisa bertahan lebih alam di perusahaan.

 

Memudahkan Proses Penyimpanan Data-Data Penting

Manfaat aplikasi perkantoran yang lain adalah kemudahan dalam penyimpanan data-data penting seperti pengarsipan surat. Selain lebih mudah menyimpan, Anda juga bisa dengan mudah menemukannya kembali jika dibutuhkan.

Baca juga:  Apapun Jenis Perusahaanya, e-Office Wajib Hukumnya!

 

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Surat untuk Perkantoran

 

Meminimalisasi Human Error

Pengerjaan berbagai tugas secara manual sangat rentan dengan human error. Dalam hal persuratan misalnya, kesalahan seperti penomoran surat ganda kerap terjadi. Jika ini dibiarkan, bisa merugikan perusahaan. 

Untuk mencegah hal semacam ini terjadi, hadirlah berbagai aplikasi perkantoran. Selain dalam hal surat menyurat, ada juga aplikasi yang memudahkan pembukuan, pembuatan laporan tahunan dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan semua aplikasi perkantoran yang ada, proses kerja di perusahaan Anda akan semakin efisien.

Ingin menggunakan dan merasakan berbagai manfaat aplikasi perkantoran seperti yang dijelaskan di atas? Mulailah dengan menggunakan inOffice Persuratan dari PT Integra Teknologi Solusi sekarang juga!