4 Langkah Utama Memecahkan Masalah Pelanggan dengan IntegraOffice Helpdesk!

2024-01-08T10:02:49+07:00

integrasolusi.com – Hai Sobat Office !  Bagaimana kabarmu? Semoga sehat selalu dan wabah Corona ini segera berakhir ya!. Nah kali ini kita ingin membahas tentang langkah-langkah apa saja yang bisa kalian lakukan untuk memecahkan masalah dari pelanggan dengan memanfaatkan aplikasi integraOffice Helpdesk.

Dalam banyak kasus, untuk memecahkan masalah pelanggan secara efektif bukanlah hal yang mudah, karena diperlukan strategi yang tepat untuk menyelesaikannya. Sebagai seorang petugas Layanan Pelanggan (Customer Service), kamu tidak memiliki kebijakan untuk mengambil sebuah keputusan, sedangkan apa yang kamu lakukan dituntut untuk mengikuti prosedur perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk memecahkan masalah tersebut.

1.Gunakan Sudut Pandang Pelanggan

Pelanggan bisa saja menghubungi perusahaan/organisasimu sewaktu-waktu. Coba posisikan dirimu sebagai pelanggan, tentunya sebagai seorang Customer Service yang baik, kamu harus bisa merespon dengan cepat, tanggap dan tetap sopan, sembari menginformasikan tentang kebijakan perusahaan.

Lantas bagaimana caranya agar kamu tetap bisa merespon dengan baik dan cepat, di saat kondisi WFH (Work From Home) seperti sekarang ini? Harus buru-buru ke kantor untuk sekedar follow up? Eits, tunggu dulu ! jangan buru-buru ke kantor dulu Sob!

Sudah pada tau belum ? Kalau kini hadir sebuah layanan informatif dan komunikatif dua arah yang dapat membantu Sobat Office semua dalam merespon pertanyaan atau keluhan pelanggan.

Yaitu aplikasi layanan IntegraOffice Helpdesk yang berbasis web dan mobile application, sehingga kamu bisa dengan mudah follow up masalah pelanggan kapan pun dan di mana pun Sobat Office.

 

 

2.Identifikasi Masalah

Langkah kedua adalah mengidentifikasi masalah pelanggan. Terkadang pelanggan tidak dapat menjelaskan suatu masalah dengan baik, dalam hal ini bisa dikatakan wajar karena tidak semua orang mampu mengungkapkan permasalahan dengan jelas. Tugas kamu adalah menggali sedalam mungkin dan temukan inti permasalahannya. Jika kamu mendapatkan masalah yang belum pernah kamu alami sebelumnya, dan tidak yakin harus menjawab seperti apa? Pastinya kamu akan mendiskusikannya ke atasan kamu bukan? Pertanyaanya, secepat apakah atasan kamu bisa merespond pertanyaanmu? Nah lagi-lagi fitur IntegraOffice Helpdesk dapat memberikan solusi atas pertanyaan-pertanyaan yang masuk dalam waktu singkat.

Baca juga:  Perlukah Transformasi Proses Bisnis Menuju New Normal

3.Temukan dan Berikan Solusi

Dengan aplikasi layanan IntegraOffice Helpdesk, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Sharing Knowledge lho, yang terdigitalisasi dengan baik, sehingga dapat membantu untuk mencari solusi yang sesuai dengan permasalahan pelangganmu. Selain itu jika kamu berurusan dengan kasus yang tidak sejalan dengan kebijakan perusahaan, selalu ada sesuatu yang bisa kamu sarankan ke pelangggan.

4.Evaluasi Diri

Langkah terakhir yang tidak kalah penting yaitu bagaimana kamu dapat meningkatkan efisensi dan efektifitas dalam menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan. Pertanyaannya, apakah semua keluhan dan pertanyaan yang masuk sudah terbagi secara merata ke semua staff Customer Service? Atau jangan-jangan kamu terlalu banyak meng-handle keluhan dan pertanyaan yang masuk, tetapi rekan kamu santai-santai aja? Nah melalui sistem ticketing yang dimiliki IntegraOffice Helpdesk, tidak ada lagi pertanyaan menumpuk pada satu orang saja, karena akan secara  otomatis terbagi secara merata ke semua staff yang ada. Kemudian kamu juga bisa melihat laporan perkembangan kinerja mingguanmu yang akan langung dikirimkan melalu notifikasi WhatsApp loh. Setelah pertanyaan dan keluhan terbagi secara merata, kira-kira siapa nih yang menjadi penghambat terhadap proses penanganan masalah pelanggan sehingga tidak tertangani dengan baik, nah semuanya bisa kamu monitor dalam satu aplikasi IntegraOffice Helpdesk!

 

Jadi gimana Sobat Office? Keren bukan?

Masih banyak kok jawaban yang bisa kamu temukan dari berbagai permasalahan pelanggan dalam satu aplikasi IntegraOffice Helpdesk!

Ingin lebih lengkap mengenai IntegraOffice Helpdesk atau ingin tau layanan apa saja yang ada di IntegtraOfiice?

Langsung aja klik disini atau klik  tombol WhatsApp yang ada di bawah ini untuk informasi lebih lanjut and see you Sobat Office! 😊