integraOffice Persuratan – Pernahkah Anda mendengar istilah persuratan digital, e-Office atau bahkan istilah e-Surat? Jika Anda pernah mendengar atau tahu istilah-istilah tersebut, berarti Anda termasuk orang yang melek teknologi dan mengikuti perkembangan teknologi digital saat ini. Mengapa? Ya tentu saja istilah-istilah tersebut muncul karena adanya proses transformasi atau peralihan dari proses surat-menyurat dan disposisi dari cara manual konvensional, ke cara yang lebih modern dan terdigitalisasi secara sistem.

Nah dengan adanya bantuan dari sistem digital ini, proses persuratan dan disposisi ditransformasikan ke dalam bentuk data digital sehingga dari sinilah muncul istilah persuratan digital, e-Office atau e-Surat. Untuk memudahkan Anda memahaminya, kita sebut saja aplikasi persuratan digital ini dengan sebutan e-Surat saja.

Sebenarnya aplikasi e-Surat ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, khususnya bagi  orang-orang yang berkecimpung didunia tata kelola birokrasi di instansi/organisasi, terutama di instansi/lembaga pemerintahan dan sejenisnya. Ya tentu saja karena aktivitas mereka tidak lepas dengan proses surat-menyurat dan disposisi, dimana persuratan dan disposisi digunakan sebagai sarana komunikasi secara resmi di internal instansi pemerintahan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kegiatan administratif secara berkala, baik dari atasan ke bawahan atau sebaliknya.

Bisa Anda bayangkan, jika di suatu instansi, dengan aktivitas harian surat-menyurat dan disposisi cukup tinggi, tentu akan mustahil proses persuratan dan disposisinya berjalan dengan lancar jika masih menggunakan cara persuratan manual konvensional. Mengapa bisa demikian? Karena dengan cara manual pasti akan direpotkan dengan tumpukan dokumen surat yang ada, belum lagi akan direpotkan pula dalam proses pengarsipannya yang membutuhkan ketelitiannya. Apalagi kalau ada surat penting yang hilang atau terselip, tentu saja akan mengganggu dan berakibat fatal pada jalannya aktivitas instansi tersebut, dan tentunya berimbas pula pada kinerja pada instansi.

 

e-Surat hadir sebagai solusinya

Untuk itu hadirlah aplikasi e-Surat, dimana sistem aplikasi ini hadir sebagai salah satu hasil dari perkembangan teknologi digital saat ini, yang dapat membantu mempermudah aktivitas surat-menyurat dan disposisi. Dimana, yang dulunya dikerjakan secara manual dan butuh waktu lama dalam memproses surat dan disposisinya, sekarang cukup mudah dengan hanya membuka aplikasi e-Surat, proses persuratan dan disposisi muda dilakukan dimana saja kapan saja, sehingga menjadi lebih  efektif dan efisien.

 

Bagaimana e-Surat bisa menyingkat birokrasi yang ada?

Untuk hal tersebut Anda tidak perlu bingung dan khawatir lagi, seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, aplikasi e-Surat mampu menangani dan mengurangi masalah-masalah yang muncul pada persuratan manual dan tentu saja dapat pula menyingkat birokrasi yang ada.

Karena dengan e-Surat ini : 

  1. Surat yang dulunya harus di antar dulu ke tujuan suratnya, sekarang cukup dengan memasukkan file suratnya ke dalam aplikasi e-Surat, tujuan surat sudah bisa menerimanya secara langsung.
  2. Tidak lagi harus mengantarkan dan melampirkan fisik surat atau lembar disposisinya, karena yang dilampirkan cukup file surat atau lembar disposisinya saja. Sehingga surat yang asli akan tersimpan dengan baik dan tidak perlu takut akan kerusakan dan kehilangan file suratnya, karena sudah tersimpan secara digital di dalam database.
  3. Approval sebuah surat/disposisi cukup dilakukan di dalam aplikasi saja, tidak perlu repot-repot harus mencetaknya atau mengantarkannya.
  4. Semua proses persuratan dan disposisi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, tidak harus datang ke kantor atau menunggu atasan hadir di kantor. Semuanya dapat dilakukan di dalam aplikasi e-Surat ini, apalagi sekarang selain versi website persuratan, e-Surat sudah dikembangkan dalam versi aplikasi mobile, sehingga cocok digunakan bagi pimpinan yang punya mobilitas tinggi.

Informasi diatas hanya beberapa saja cara menyingkat birokrasi dengan menggunakan aplikasi persuratan digital  e-Surat, yang mana sebenarnya masih banyak lagi selain cara di atas.

 

Nah bagi Anda yang ingin tahu dan merasakan langsung benefit dalam penggunaan aplikasi e-Surat, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi integraOffice Persuratan.

Dimana semua benefit yang ada di dalam e-Surat, semuanya juga ada di dalam aplikasi integraOfficePersuratan ini.

 

Jadi, tunggu apalagi ! untuk informasi lengkapnya silakan klik disini atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

 

Semoga bermanfaat 🙂