Ini Alasan Mengapa Harus Ada Inovasi Dalam Setiap Produk

2023-05-26T12:34:57+07:00

Dalam sebuah perusahaan yang sedang berkembang ataupun perusahaan yang besar dan maju sekalipun, inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting, bahkan sangat krusial bagi keberlangsungan perusahaan tersebut. Hanya perusahaan-perusahaan yang dapat berinovasi dan menyesuaikan zamanlah yang  dapat bertahan, berjaya dan terus berkembang mengarungi zaman yang dihadapkan pada beragam pergolakan bisnis.

Mendengar istilah inovasi, biasanya pikiran orang akan tertuju pada segala upaya untuk menemukan hal baru, berbeda dari yang telah ada, hal yang memiliki nilai tambah, atau dalam sebuah tindakan, bagaimana melakukan terobosan, gebrakan yang berbeda yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dalam bentuk negatif, inovasi juga dapat diasosiasikan sebagai bentuk ketidaknyamanan berkaitan dengan sebuah perubahan tersebut.

Namun, jika dipahami lebih dalam, inovasi tidak hanya berupa temuan-temuan besar yang dapat menggebrak  dunia. Temuan-temuan yang kecil yang terlihat sepele pun ternyata juga bisa berpengaruh besar terhadap kinerja perusahaan.

 

Inovasi dari integraOffice

Contohnya dalam perubahan bentuk produk misalnya, sebagaimana produk yang buat oleh PT Integra Teknologi Solusi, yaitu aplikasi persuratan elektronik perkantoran. Inovasi yang diberikan oleh Integra sangat menarik yaitu dengan menambahkan notifikasi melalui WhatsApp.

Tentu ini jauh lebih efektif mengingat hampir semua orang memiliki dan membuka akun WhatsApp nya setiap jam bahkan setiap 30 menit sekali. Dari pada harus menggunakan notifikasi melalui  aplikasinya langsung yang mungkin banyak orang masih belum terbiasa.

Keadaan seperti itu bisa memberikan keuntungan lebih dari sisi bisnis bagi perusahaan yang memproduksi Aplikasi integraOffice Persuratan Elektronik dengan tambahan notifikasi melalui WhatsApp.

Inovasi juga tidak harus datang dari atas atau pemimpin puncak perusahaan saja. Tetapi justru  banyak sekali contoh perusahaan dengan inovasi yang tinggi justru melibatkan para karyawannya dalam menciptakan ide dan kreativitas untuk menemukan sebuah inovasi yang baru.

Baca juga:  Sekali klik Tak Perlu Panik

Hal ini juga dapat memunculkan budaya perusahaan yang memberikan peluang seluas-luasnya bagi seluruh karyawannya dari berbagai lapisan untuk melakukan inovasi atau sekedar menyampaikan gagasan atau ide-ide luar biasa yang ia miliki.

Penting untuk diperhatikan juga agar inovasi dalam perusahaan dapat terus berkelanjutan, maka penting untuk sebuah perusahaan menjadikan inovasi sebagai budaya di dalam perusahaan atau sistem kerja yang terstruktur. Dengan manajemen yang terbuka untuk menampung seluruh gagasan atau ide baru dari setiap lapisan karyawan.

Adanya reward atau penghargaan terhadap sebuah ide yang dicetuskan dari karyawan misalnya. Tentu akan memicu seluruh lapisan perusahaan untuk terus berlomba dalam mengembangkan dan berusaha menemukan inovasi-inovasi yang menguntungkan untuk seluruh karyawan, perusahaan dan para konsumennya.

Inilah sebabnya mengapa inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Sebagaimana PT Integra Teknologi Solusi sebagai perusahaan yang berpengalaman dalam mengembangkan E-Office di berbagai instansi, tim Integra selalu berusaha untuk menciptakan ide-ide briliannya guna menjadikan produk integra sebagai solusi terdepan dalam menjalankan aktivitas perkantoran.

 

 

 

 

Sumber : https://penerbitbukudeepublish.com/pentingnya-inovasi-perusahaan/