Jenis Jenis Absensi Yang Perlu Kamu Tahu

2023-05-24T13:40:15+07:00

integrasolusi.com Aktivitas utama yang dilakukan oleh karyawan ketika setelah dari parkiran kendaraan, menuju pintu masuk kerja pastinya Anda akan selalu bergantian absen dengan pegawai lainnya. Kali ini Sobat Office, menuju “The New Normal” bila saatnya tiba jam operasional bekerja kembali normal dan aktif seperti dahulu, tidak perlu khawatir dengan antri absen pegawai di kantor masing-masing. Namun Anda harus tetap menjaga kesehatan dan berjaga jarak, bekas finger print yang telah digunakan oleh pegawai lainnya anda tetap harus sesuai protokol kesehatan. Mengapa ? Ikuti pembahasan selanjutnya berikut ini ya sobat office.

Karyawan saat ini salah satu aset yang sangat berharga untuk industri, bisa jadi menggapai tujuan serta kesuksesannya tanpa terdapatnya karyawan. Hingga supaya industri bisa menggapai tujuannya dengan gampang divisi HR (Human Resource) butuh mengelola sumber energi manusia yang terdapat sebaik mungkin. Salah satu tantangan dalam pengelolaan SDM merupakan membenarkan pencatatan absensi memakai sebuah sistem ataupun mesin absensi yang sangat efisien. Demi melindungi ketertiban para karyawan, sebagian besar industri tentu memasang mesin absensi yang modern.

Berbeda era, berbeda pula tipe absensi yang digunakan. Ini empat macam tipe absensi yang pada umumnya digunakan pada saat ini.

  • Absensi Manual

Semacam yang sudah disebutkan tadinya, sistem absensi manual ialah sistem absensi yang mencatat kedatangan dengan tulis/ absensi. Industri tidak butuh merogoh kocek yang sangat banyak untuk mempraktikkan sistem absensi tipe ini, karena cuma bermodalkan kertas serta pulpen. Kendati demikian, di balik kemudahannya, sistem manual dalam perkembangannya menjadi kurang efisien sebab cukup memakan waktu y serta karyawan bisa memanipulasi informasi kehadirannya dengan gampang.

  • Absensi Sidik Jari( Fingerprint)

Bersamaan perkembangan teknologi data dan informasi, timbul revolusi sistem absensi. Sistem absensi sidik jari salah satunya. Metode kerjanya merupakan dengan melekatkan salah satu jari yang sudah terekam, ke mesin fingerprint usai memasukkan no id karyawan. Kemudian, informasi kedatangan karyawan hendak secara otomatis tercatat pada sistem.

  • Absensi Mobile
Baca juga:  Perlukah Transformasi Proses Bisnis Menuju New Normal

Terakhir, dengan sistem absensi mobile, yaitu dengan memakai aplikasi absensi online dan berbasis mobile application. Lewat absensi ini, karyawan bisa mencatatkan kedatangan dengan menggunakan aplikasi yang sudah ter-install di ponsel karyawan, yang jelas butuh koneksi internet yang stabil. Dengan absensi mobile ini, tidak perlu repot- repot harus antri di mesin absen di kantor , atau absen bisa dari mana saja, ketika ada keperluan diluar kantor atau bisa juga saat bekerja dari rumah, misalnya untuk pekerja remote saat penerapan work from home.

Demikianlah sekilas tentang absensi karyawan yang biasanya sering dipergunakan oleh industri. Bersamaan berkembangnya era digital, banyak industri yang lama- lama mulai meninggalkan sistem absensi manual serta bergeser ke sistem digital lantaran dikira jauh lebih efektif serta efisien. Dengan terdapatnya sistem absensi yang akurat serta pas, kerutinan semacam membolos ataupun titip absen juga bisa dihindari.

PT Integra Teknologi Solusi sendiri merupakan salah satu industri yang bergerak dalam bidang industri teknologi yang telah diakui oleh sebagian Kementrian ataupun BUMN serta Universitas berskala internasional.

Dengan aplikasi e-Absensi ini , turut andil dalam implementasi teknologi di revolusi 4.0 Dengan menggunakan e- Absensi organisasi/perusahaan terutama karyawan bisa merasakan secara langsung kemudahan dalam merekap kedatangan secara otomatis dan real-time. Kedepannya e- Absensi ini bisa jadi trend dalam menghadapi “The New Norma” akibat adanya pandemic COVID-19.

Mau tau keunggulan yang bisa diberikan dari aplikasi integraOffice Absensi?

Segera kontak kami

Tim kami akan siap sedia membantu anda semua

 

Terima kasih

 

 

 

 

Sumber (https://www.karyaone.co.id/blog/mengatasi-absensi-karyawan/)