Kemampuan Adaptasi Karyawan Tenyata Punya Dampak yang Luar Biasa Bagi Kesuksesan Perusahaan

2023-05-26T09:50:25+07:00

integrasolusi.com – Mudah beradaptasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk bertahan dan tetap mengikuti perubahan dengan sangat cepat. Kemampuan mudah beradaptasi ini juga sering disebut-sebut sebagai salah satu kunci utama jika seseorang ingin meraih kesuksesan di dalam hidupnya. Contoh dari kemampuan mudah beradaptasi beraneka ragam. Banyak orang yang berusaha mencari tahu cara beradaptasi dengan lingkungan kerja baru atau hanya sekedar cara beradaptasi sebagai manusia seperti, beradaptasi dengan perubahan cuaca. Namun kenyataannya, sikap mudah beradaptasi ini bukan hanya memberikan dampak positif bagi individu, namun juga pada semua hal yang mengikat dengan dirinya termasuk perusahaan tempat individu tersebut bekerja.

Perkembangan teknologi dan kemajuan digital di era modern ini benar-benar berhasil membuat banyak orang merasa pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak, Setiap harinya ada saja perubahan yang terjadi secara tidak terduga. Misalnya, bulan ini salah satu ponsel pintar dari perusahaan teknologi baru saja meluncurkan produk barunya, namun dua bulan kemudian perusahaan ini meluncurkan produk lain yang juga tidak kalah canggih sehingga banyak orang tertarik untuk membelinya. Dari sini sudah dapat terlihat kan bagaimana era modern ini penuh dengan segala perubahan yang sangat mendadak?

 

Namun, bagi perusahaan yang memiliki kekuatan dan keyakinan bahwa mereka dapat bersaing dan meraih kesuksesan di masa depan, perubahan apapun tentu tak akan menghentikan langkah mereka untuk tetap maju ke depan. Tentunya, agar suatu perusahaan dapat bersaing dan berhasil menghadapi segala perubahan, maka perusahaan tersebut harus memiliki sumber daya manusia yang hebat untuk bekerja di dalamnya. Orang-orang di dalam perusahaan ini harus berupaya keras untuk memikirkan masa depan perusahaan, masa depan tata kelola perusahaan dan tentunya masa depan bersama. Mereka juga harus bisa merancang rencana masa depan perusahaan dengan sangat baik dan teratur.

Baca juga:  8 Kunci Mengelola Keuangan Secara Sederhana

 

Dilansir dari website the balance careers.com, Brian McGowan selaku Direktur dan Pelaksana dari salah satu pelayanan kesehatan global di dunia, menjelaskan tentang bagaimana sikap mudah beradaptasi yang dimiliki seorang karyawan akan sangat bagus untuk masa depan perusahaan. Terlebih lagi, perubahan selalu terjadi di setiap tahunnya sehingga mau tidak mau, siap tidak siap, setiap perusahaan yang tetap mau bertahan di masa depan harus bisa menghadapi segala perubahan yang ada.

 

Karakteristik mudah beradaptasi dan kelincahan (agility) sangat dibutuhkan untuk mendorong setiap karyawan dalam berpikir kreatif dan inovatif. Perusahaan yang memiliki banyak karyawan dengan sikap mudah beradaptasi ini juga akan mengasah kemampuan mereka untuk menjadi pemimpin yang hebat di masa depan. Tidak hanya itu, mereka juga sudah memikirkan strategi-strategi kepemimpinan di masa depan yang akan membantu mencapai keberhasilan perusahaan. Terlebih, di masa depan, semua industri akan melakukan perkembangan seputar inovasi dalam produk-produk barunya, oleh karena itu semua orang di masa depan tidak akan bisa hidup tanpa inovasi. Akan tetapi, agar perusahaan tetap unggul dan bertahan di masa depan, maka mereka bukan hanya perlu memikirkan inovasi-inovasi produknya saja. Sikap mudah beradaptasi wajib dan perlu dimiliki oleh setiap individu yang akan bertransformasi menjadi sumber daya manusia yang unggul di perusahaan mereka masing-masing. Dengan kata lain, sikap mudah beradaptasi ini akan sangat baik dan sangat diperlukan untuk masa depan perusahaan.

 

Sudah siapkah Anda beradaptasi dengan tranformasi digital saat ini?

 

 

 

 

Sumber :
https://www.studilmu.com/blogs/details/mengapa-sikap-mudah-beradaptasi-baik-untuk-masa-depan-perusahaan#:~:text=Perusahaan%20yang%20memiliki%20banyak%20karyawan,yang%20hebat%20di%20masa%20depan.&text=Sikap%20mudah%20beradaptasi%20perlu%20dimiliki,di%20perusahaan%20mereka%20masing%2Dmasing.