integraOffice DMS – Hampir berjalan empat tahun ini Semen Indonesia melakukan kerja sama dengan integraOffice untuk pengembangan aplikasi Dokumen Manajemen Sistem. PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk sebagai salah satu perusahaan Semen terbesar di Indonesia yang saat ini memiliki kapasitas produksi terbesar di regional Asia Tenggara dengan memiliki empat Operational Company yang tersebar di Indonesia dan Vietnam.

Dari sejak pertama kali dilakukan pengembangan, tahun ini merupakan pengembangan tahap ke tiga yang merupakan penyempurnaan dari tahap ke dua karena masih adanya kebutuhan yang belum terakomodir di pengembangan sebelumnya dan dalam rangka meningkatkan efektivitas pengelolaan dokumen sistem manajemen group seperti pedoman, blueprint, instruksi kerja, prosedur, dan form dokumen yang berkaitan. Pada pengembangan tahap ini pula dilakukan penyempurnaan pada fitur buletin ISO yang merupakan fitur untuk menyimpan dokumen yang berkaitan dengan standart ISO.

Sebagai gambaran Aplikasi Dokumen Manajemen Sistem yang telah kami kembangkan di Semen Indonesia merupakan sebuah aplikasi pengelolaan dokumen yang di dalamnya terdapat fitur pengajuan dokumen dengan alur proses yang sudah ditentukan, penomoran dokumen otomatis, editor dokumen secara langsung di aplikasi, evaluasi dokumen, comparing dokumen jika dilakukan revisi, obsolete dokumen, indikator dokumen jika kehilangan creator atau approver atau unit kerja, related document, history document, log activity, view status dokumen, unduh dokumen, email notification, watermarking terhadap dokumen yang sudah publish. “Dulu sebelum adanya aplikasi SIMPLE proses approved pengajuan, ask download, reminder notifikasi, dan lainnya. masih manual semua. Pokoknya sip banget!!” ujar Zainal Arifin selaku document controller dari Department Business Process Development.

Seiring dengan perkembangan zaman dan juga laju teknologi informasi yang berkembang sangat pesat tentunya diharapkan pengembangan tidak selesai di sini saja. Masih ada banyak fitur yang harus dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna guna mendukung operasional perusahaan dalam rangka mencapai visi misi yang sudah direncanakan, terlebih di masa seperti sekarang ini yang hampir semua operasional perusahaan berbasis online.

Kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini semoga akan terus terjaga, sehingga apa yang diharapakan dari pengembangan aplikasi ini dapat memberikan manfaat yang optimal. Dari kami sebagai pengembang akan terus berusaha sekuat tenaga dalam memberikan pelayanan after sale yang prima. Sekian terima kasih.