Mengenal Tata Kelola Teknologi Informasi dan Cara Penerapannya

2024-01-04T09:19:06+07:00 May 12th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Kebutuhan terhadap sistem teknologi informasi (TI) yang andal sangat penting bagi setiap instansi maupun perusahaan. Tak sekadar melakukan implementasi, perusahaan maupun instansi perlu pula memahami tata kelola teknologi informasi secara benar. Dengan begitu, sistem TI dapat memberi manfaat optimal sesuai dengan tujuan instansi atau perusahaan.

 

Baca juga: Memahami 5 Prinsip Dasar dalam COBIT 5 

 

Dokumen tata kelola TI sangat penting dan memberikan banyak manfaat bagi instansi dan perusahaan. Meski begitu, masih banyak orang yang kurang begitu memahami pengertian serta bagaimana cara penerapannya. 

Apa Itu Tata Kelola Teknologi Informasi

Dalam pengertiannya, tata kelola TI merupakan bagian dari tata kelola perusahaan atau corporate governance. Implementasinya bertujuan untuk meningkatkan manajemen teknologi informasi perusahaan. 

Penerapan framework tata kelola TI membantu organisasi dalam mengelola risiko penggunaan sistem IT secara efektif. Selain itu, Anda juga bisa memperoleh manfaatnya dalam memastikan kalau penggunaan sistem IT selaras dengan tujuan organisasi.

 

Baca juga: Ruang Lingkup Tata Kelola TI dan Tujuannya

 

Standar Dokumen Tata Kelola TI

Dalam implementasinya, Anda dapat memanfaatkan pedoman ataupun panduan yang menjadi standar dokumen tata kelola TI. Ada beberapa standar yang dapat Anda gunakan, di antaranya: 

1. ISO 38500

Standar dokumen pertama adalah ISO 38500 yang merupakan standar dunia berkaitan dengan tata kelola TI. Di dalamnya terdapat informasi mengenai pedoman, panduan, prosedur, kebijakan, formulir, serta implementasi IT governance yang baik. Penerapannya dapat membantu akuntabilitas risiko serta aktivitas TI.

Baca juga:  5 Alasan Instansi Harus Beralih ke Tanda Tangan Elektronik

2. Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

Ada pula dokumen framework pengelolaan TI yang menggunakan standar ITIL. Dokumen ini menawarkan kemudahan dalam proses implementasi TI dalam setiap organisasi. Alasannya, karena ITIL mengedepankan pendekatan yang bersifat best practice. Oleh karena itu, tak heran kalau ITIL banyak digunakan oleh perusahaan besar, seperti: 

    • IBM
    • Microsoft
    • Hewlett-Packard (HP)
    • Disney
    • Boeing
    • British Telecom

3. Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)

Berikutnya, ada dokumen tata kelola TI COBIT yang dirilis oleh ISACA (Information Systems Audit and Control Association). Penerapannya tidak hanya bertujuan untuk menjaga keselarasan penggunaan TI dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Namun, ada pula tujuan implementasi lainnya, meliputi: 

    • Meningkatkan keamanan sistem IT dari berbagai ancaman kejahatan siber
    • Mendorong pemanfaatan sistem teknologi informasi yang berkelanjutan
    • Mendorong efektifitas dan efisiensi dalam tata kelola TI perusahaan

 

Baca juga: Bagaimana Tata Kelola TI Memberikan Kontribusi Terhadap Tata Kelola Perusahaan

 

Sekarang, Anda jadi tahu kalau pengelolaan sistem TI dalam sebuah organisasi tak boleh sembarangan. Perlu cermat biar bisa memberi manfaat maksimal dan sesuai kebutuhan serta tujuan organisasi. 

Ingin menerapkan tata kelola TI yang benar? Integra Teknologi Solusi siap membantu Anda dalam mewujudkannya.