Mengenal UI UX Designer PT Integra Teknologi Solusi, Sosok di Balik Layar integraOffice Cloud”

2023-05-24T10:26:12+07:00

“Meskipun awalnya kamu ga punya skill apa-apa, kalau kamu sudah punya keinginan, sekecil apapun itu, perjuangkan. Terus belajar, ambil semua kesempatan yang ada dan jangan pernah patah semangat, karena kontinuitas dalam menjaga itu semua sangatlah penting”

Itulah jawaban yang disampaikan Elista Sandy selaku Head of UI UX Designer integraOffice Cloud ketika ditanya mengenai pesan untuk generasi muda yang tengah menggeluti bidang yang serupa dalam wawancaranya dengan content creator PT Integra Teknologi Solusi. Elista Sandy merupakan salah satu UI UX Designer yang juga berkolaborasi dengan Rizky Kurniawan & Zunia Rahma sebagai tim support UI UX dalam mengembangkan aplikasi tersebut.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi integraOffice Cloud yang baru saja di-launching bulan Februari 2020 lalu telah sukses mendapatkan respon positif dari banyak penggunanya. Hal ini tentu tidak terlepas dari usaha serta peran yang dilakukan oleh tim UI UX Designer PT Integra. Melalui kolaborasi  hebat dari ketiga UI UX Designer ini, bisa dibilang mereka menjadi bagian terpenting di lingkungan kerja PT Integra serta menjadi dapat menjadi panutan bagi calon designer-designer muda mendatang. Penasaran ingin tahu sedikit tentang mereka bertiga? Simak wawancaranya di bawah ini.

Awal Karir

Kapan awal mula terbesit ingin terjun ke dunia UI UX Designer?

Elista Sandy: Jujur pada awalnya saya lebih tertarik untuk mempelajari coding, tetapi di saat akhir-akhir perkulihan, saya merasa sedikit bosan, kemudian di suatu hari saya menemukan banyak konten-konten design, termasuk UI UX di Instagram dan entah kenapa saya tertarik untuk mempelajarinya. Kemudian saya belajar secara otodidak dengan browsing berbagai tutorial yang ada melalui handphone yang saya gunakan, yang pada akhirnya membawa saya menjadi seperti sekarang ini. Dan saya bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk bergabung di PT Integra Teknologi Solusi.

Rizky Kurniawan: Background saya awalnya lebih ke Teknik Informatika, kemudian saya menyadari bahwa saya kurang ahli dalam hal coding, tetapi masih ingin berkecimpung di lingkungan IT, yang pada akhirnya saya memilih untuk mempelajari UI UX Designer dan menemukan kecocokan di bidang ini.

Zunia Rahma: Kalau boleh jujur, saya dari kecil memang suka menggambar. Kemudian ketika mengemban pendidikan di SMK, saya mengambil jurusan multimedia yang di mana juga banyak memberikan influence karena dasarnya menggambar juga. Ketika kuliah saya mengambil IT yang di mana sedikit melenceng dari multimedia, pada akhirnya saya menemukan titik tengah di antara dua hal tersebut, yaitu sebagai UI UX Designer yang mampu menyatukan desain-desain saya dengan kemampuan TI yang saya miliki.

 

Pemahaman UI UX Designer

Sebagai orang awam yang belum paham apa itu UI UX Designer, boleh dijelaskan secara singkat perbedaan dua hal tersebut, mungkin bisa diwakilkan oleh Bu Zunia.

Zunia Rahma: Singkatnya adalah UI Designer lebih menitikberatkan ke visual seperti pemilhan warna, tema desain dsb, sedangkan UX Designer menitikberatkan ke alur dalam penggunaan aplikasi tersebut, misal peletakan tombol tambah surat, tombol proses dsb. yang tujuannya diharapkan mereka bisa self learning dalam menggunakan aplikasi tersebut.

 

Ritual Khusus

Adakah ritual khusus yang dilakukan oleh seorang Designer setiap hari sebelum memulai aktivitas? Jawaban mungkin boleh diwakilkan Bu Elista.

Elista Sandy: Ritual khusus, menarik sekali pertanyaanya. Jadi setiap pagi sebelum memulai aktivitas biasanya saya membuka laptop dulu, yang di mana di halaman desktop, saya suka tulis mimpi serta harapan yang saya miliki. Setiap pagi akan saya baca sembari berdoa agar saya tetap semangat menjalani kegiatan sehari-hari untuk menggapai impian tersebut.

 

Designer adalah Orang Kreatif

Bisa dibilang designer termasuk orang yang kreatif. Menurut Pak Rizky sendiri, bagaimana perilaku kreatif yang Pak Rizky lakukan di kehidupan sehari-harinya?

Rizky Kurniawan: Perilaku kreatif yang saya terapkan di kehidupan saya, cukup unik sebenarnya. Karena saya suka explore berbagai informasi apapun itu justru di malam hari saat semua orang sudah tidur, dari situ juga saya banyak menemukan hal-hal menarik yang bisa menjadi ide atau referensi, yang bisa saya terapkan dan pelajari ke depannya.

 

Hasil Karya

Kira-kira adakah hasil karya yang paling memorable dari Bu Elista yang susah untuk dilupakan?

Elista Sandy: Ada 2 project sebenarnya, yaitu project untuk sebuah event RS, dan satu lagi, jujur project integraOffice Cloud ini menurut saya adalah salah satu hasil karya yang patut saya banggakan. Karena banyak sekali makna yang disampaikan dalam proses pembuatannya yang hingga saat ini juga sudah digunakan oleh banyak Instansi/ maupun Organisiasi di Indonesia.

 

Sedikit tentang integraOffice Cloud

Wah menarik sekali Bu Elista, boleh sedikit dijelaskan makna apa saja yang disampaikan dalam pembuatan logo, pemilihan warna, dsb. dalam aplikasi integraOffice Cloud tersebut?

Elista Sandy: Mungkin akan saya jelaskan secara singkat. Jadi makna logo di sini Ada beberapa unsur yaitu gambar awan (Cloud) yang maksudnya segala kegiatan yang dulunya masih konvensional, sekarang sudah dapat terekam secara digital. Karena kita tahu Cloud identik dengan server penyimpanan. Kemudian icon surat tentu karena aplikasi iOC berfokus pada kegiatan persuratan, tetapi ada yang sedikit berbeda karena jika dilihat icon surat kami ada sedikit gambaran pergerakan atau movement, yang maksudnya adalah kegiatan persuratan dapat dilakukan dengan cepat, mudah, efektif dan efisien. Unsur terakhir yaitu warna yang di mana dominan dengan warna hijau (Go Green) karena secara tidak langsung kami ingin menyadarkan bahwa pentingnya menjaga kelestarian alam dengan mengurangi penggunaan kertas dalam kegiatan persuratan, dan beralih ke sistem digital seperti aplikasi integraOffice Cloud yang kami miliki.

Apakah ada tantangan dalam proses pembuatannya?

Zunia Rahma: Mungkin akan saya wakili untuk menjawab, tentu ada beberapa tantangan seperti pemilihan logo, warna dsb. yang kami pikir matang-matang yang sekiranya mudah untuk diingat karena bentuknya yang familiar dan lain sebagainya. Tetapi kami mampu menjawab semua tantangan tersebut berkat kerja sama dan kolaborasi yang baik antar tim dan pimpinan perusahaan.

Adakah influence dari pimpinan perusahaan dalam penerapan dan kinerja sebagai UI UX Designer di PT Integra?

Rizky Kurniawan: Tentu, semua pimpinan turut andil dalam proses perkembangan kami bertiga. Baik dari Komisaris Utama kami, Bapak Sugianto Halim dan juga CEO perusahaan Bapak Eka Pramudita, kami merasakan influence yang begitu positif dari beliau-beliau ini untuk membimbing kami menjadi personal yang lebih baik dalam banyak hal, termasuk sebagai UI UX Designer.

Satu kata terakhir untuk mendeskripsikan diri kalian masing-masing, dipersilahkan, mulai dari Bu Elista.

Elista Sandy: “Solusional”

Rizky Kurniawan: “Talkative in a positive way”

Zunia Rahma: “Cheerful

Demikian artikel mengenai sosok-sosok hebat di balik kesuksesan integraOffice Cloud Sobat Office. Jika kamu penasaran dengan aplikasinya, langsung klik link ini untuk menuju ke halaman utama integraOffice Cloud.

Atau bisa hubungi kami Disini , atau bisa melalui tombol WhatsApp yang tersedia di bawah ini.

Tim kami siap membantu dan melayani Anda

Terima kasih  dan semoga menginspirasi ☺