integrasolusi.com – Generasi milenial atau sering dikenal dengan “Gen Y” adalah sebuah kelompok demografi yang lahir pada kurun waktu awal tahun 80-an hingga awal tahun 2000-an. Generasi ini umumnya ditandai dengan akrabnya penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kesan cepat, kreatif, dinamis, melek teknologi (tidak gaptek) selalu mencerminkan generasi ini.

Dalam ruang lingkup dunia kerja ciri dari generasi ini adalah mereka merupakan kelompok yang fleksibel, mereka bisa bisa mengerjakan suatu pekerjaan di mana saja dan kapan saja tanpa harus terkekang oleh ruang dan waktu. Seperti contoh dalam menjawab email masuk, menjawab panggilan telepon bisa mereka lakukan di mana saja karena dalam kehidupan sehari-hari para milenial sudah didukung dengan kecanggihan teknologi sehingga dalam menjalankan pekerjaan tidak harus selalu berada di depan meja kerja seperti pola kerja pada jaman dulu. Hal lain yang tercermin dari sikap fleksibel dari Gen Y adalah soal berpakaian di tempat kerja, para generasi milenial tidak menganggap bahwa gaya berpakain dalam bekerja harus menggunakan celana bahan, kemeja lengan panjang, baju dimasukkan, dan sepatu pantofel, generasi milenial lebih nyaman dengan menjadi “dirinya sendiri” dalam berpakain seperti: menggunakan celana jins, kemeja flannel, atau bahkan kaos polo yang dipadukan dengan sepatu kets. Tentu saja hal tersebut menyesuaikan dengan bidang pekerjaan yang digeluti, jikalau pekerjaannya menuntut untuk menggunakan pakain formal, hal tersebut juga tidak menjadi masalah bagi generasi milenial.

Dalam hubungan sosial di lingkungan kerja generasi milenial mempunyai paradigma bahwa garis hierarki dalam organisasi hanyalah sebuah formalitas, generasi milenial lebih menyukai pemimpin yang teladan daripada pemimpin yang bossy, mengharapkan pemimpin yang transparan dan berintegritas tinggi. Ini tidak lepas dari idealisme generasi milenial yang maggebu-gebu yang mana mereka ingin selalu mendapatkan hal yang terbaik, ingin berbaur dengan semua orang yang ada di kantor tanpa tersekat oleh status dan jabatan, hal ini didasari oleh keinginan berkembang sehingga membutuhkan kolaborasi dengan semua orang yang dirasa cocok serta potensial untuk memberikan hasil bagi kemajuan kantor.

Di PT Integra Teknologi Solusi sendiri mayoritas dari karyawannya adalah generasi milenial, tentu saja budaya atau pola kerja yang dijelaskan di atas banyak ditemukan dalam kehidupan kerja sehari-hari. Selain itu para karyawan milenial Integra juga merupakan individu pekerja keras dan penyuka tantangan di mana selalu belajar dengan hal-hal baru terutama yang berkaitan dengan teknologi untuk meningkatkan skill. Hal ini juga ditunjang dengan berbagai kegiatan seperti sharing knowledge yang diadakan seminggu sekali, dan membuat artikel per divisi untuk konten blog, hal-hal semacam itu secara tidak langsung akan membuka pikiran dan imajinasi karyawan untuk selalu berkembang tidak hanya di bidang IT saja sesuai dengan core bisnis perusahaan tetapi juga pada disiplin ilmu lain. Yang kesemuannya itu dapat berjalan dengan baik karena didukung oleh lingkungan kerja yang nyaman, hubungan antar rekan kerja yang harmonis, dan yang tidak kalah penting adalah semua karyawan Integra memosisikan diri berada pada kapal yang sama sehingga mempunyai tujuan pada dermaga yang sama.