Pentingnya Cara Mengatasi Cyber Crime di Era Transformasi Digital

2024-05-03T13:36:20+07:00 May 14th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.comTransformasi digital menjadi kebutuhan penting di era modern karena berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari penerapannya. Meski begitu, perlu diperhatikan aspek lain yang tak kalah penting, yaitu pengetahuan tentang cara mengatasi cyber crime.

Ancaman Cyber Crime dalam Bisnis

Dengan meningkatnya kebutuhan terhadap transformasi digital, angka kejahatan siber semakin bermunculan, membayangi para pelaku bisnis dan instansi pemerintah yang menyimpan data penting. Beberapa jenis ancaman yang patut diwaspadai meliputi:

1. Ransomware: Ancaman pertama yang muncul adalah ransomware. Jenis malware ini mampu menyerang jaringan komputer dan mengunci data penting di dalamnya. Akses ke data hanya bisa diperoleh setelah mendapatkan izin dari pemilik ransomware.

Baca juga: Pahami Hubungan Cyber Crime dengan Penerapan ISO 27001

2. Pencurian Data: Perlu juga memahami cara mengatasi cyber crime berupa pencurian identitas. Pelaku kejahatan melakukan aksi ini dengan mengakses data yang tersimpan di perangkat untuk kepentingan pribadi. Data yang kerap dicuri mencakup informasi pribadi, data bisnis, dan informasi kepemilikan rekening.

3. Phishing: Ancaman phishing melibatkan tindakan mengelabui seseorang hingga tanpa sadar menyerahkan data penting kepada pihak yang tak bertanggung jawab. Metode ini dapat dilakukan melalui email palsu yang pura-pura menjadi pihak berwenang, meminta penerima untuk mengklik tautan atau memberikan data sensitif.

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Cyber Crime

Dalam menghadapi ancaman berbahaya yang mengintai, langkah terbaik untuk melindungi perusahaan adalah dengan menerapkan sistem tata kelola teknologi informasi yang baik. Implementasi tata kelola TI berstandar dunia dapat efektif meningkatkan keamanan sistem IT perusahaan.

Dengan dukungan dari tenaga ahli yang tepat, Anda dapat memastikan keamanan data penting perusahaan. Integra Teknologi Solusi hadir untuk membantu Anda dalam menerapkan sistem tata kelola IT yang baik dan berstandar dunia.

Baca juga:  Apa Saja Faktor yang Memengaruhi Pengelolaan Dokumen Perusahaan?

Baca juga: Data Privacy vs Data Security, Apa Bedanya?

Dalam menghadapi ancaman cyber crime, penting untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan tren keamanan. Dengan demikian, perusahaan dapat menjalani transformasi digital dengan aman dan meraih manfaat maksimal tanpa harus khawatir akan risiko kejahatan siber. Jangan ragu untuk menghubungi Integra Teknologi Solusi demi mencapai keamanan data yang optimal. Transformasi digital yang aman merupakan kunci menuju kesuksesan di era modern.