Seberapa Amankah Sistem Persuratan Anda ??

2023-05-24T09:39:35+07:00

integrasolusi.com Hai Sobat Office, seberapa amankah sistem persuratan di organisasi/perusahaan tempat kalian bekerja ? apalagi dengan adanya pandemic covid-19 atau corona yang sudah mewabah luar biasa terutama di Indonesia saat ini.

Tentu Sobat Office tidak mau kan semua surat dan dokumen yang diperlukan tiba-tiba hilang entah kemana, belum lagi kalua atasan minta surat dan dokumennya mendadak, pasti akan kesulitan dan butuh waktu lama untuk mencarinya. Kendala-kendala tersebut akan muncul apabila di otgansasi/perusahaan masih belum menggunakan sistem aplikasi e-Office persuratan, atau bisa dikatakan masih manual.

Belum lagi adanya pandemic COVID-19 yang saat ini lagi mewabah, pastinya kita mau tidak mau harus mengikuti anjuran pemetintah untuk bekerja dari rumah aatau Work From Home (WFH dan ikuti  aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ini bisa berdampak terhambatnya aktifitas organisasi/perusahaan, lebh-lebih aktivitas persuratan juga bisa terhambat prosesnya.

Nah Sobat Office, mengapa proses persuratan bisa terhambat akibat adanya WFH dan PSBB seperti tersebut di atas?Mungkin sebagian besar menganggap proses surat-memyurat dan disposisi adalah hal remeh. Namun apa jadinya suatu organisasi/perusahaan yang aktifitasnya tergantung dari proses surat -menyurat dan disposisi, seperti : instansi pemerintahan, BUMN, Perguruan Tinggi, perusahaan jasa angkutan barang , dll. Pastinya akan berpengaruh besar terhadap produktivitas dan kinerja organisasi/perusahaan. Belum lagi kalau aktivitas persuratannya tinggi, pastinya butuh sebuah aplikasi e-Office untuk menanganinya. selain masalah di atas, juga terkait masalah keamanan dari surat dan dokumen yang ada pada organisasi/perusahaan yang sangat penting harus diperhatikan, semakin tinggi proses dan aktivitas surat-menyuratnya, semakin rentan juga masalah keamanan surat dan dokumennya baik yang masih menggunakan cara manual ataupun juga yang sudan menggunakan aplikasi e-Office.

Nah berkaitan dengan aplikasi e-Office persuratan,  kita akan coba ulas sedikit, apa sih pentingnya keamanan dari informasi sebuah surat dan dokumen yang yang ada pada aplikasi e-Office yang kita miliki ? Coba simak ulasan berikut ini :

  • Melindungi data informasi persuratan. Tentu data informasi persuratan ini sangat sensitive dan rahasia bagi setiap instansi pemerintahan dan perusahaan, kenapa ?? inti utama ini adalah kerahasian semua informasi persuratan yang harus dijaga dari orang orang yang tidak berkepentingan untuk mengakses sesuka hati karena persuratan ini bersifat rahasia, atau yanglebih sensitof ketika mengakses data persuratan yang bersifat privasi. Untuk menghindari hal itu, adalah dengan menggunakan teknologi yang mendukung sistem security controlling yang memadai, dan sekarang sudah banyak kok penyedia jasa keamanan data, sobat office bisa memanfaatkan jasa tersebut.
  • Keaslian surat terjamin. Ini berhubungan dengan yang menyatakan bahwa data data persuratan ini benar benar original atau asli, atau orang yang mengakses bisa mengetahui bahwa  ini betul orang yang bertandatangan, untuk membuktikan keaslian dari persuratan dapat dilakukan dengan teknologi watermark dan bisa dilakukan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang sedang digalakan oleh pemerintah saat ini.
  • Menghindari manipulasi surat dan masalah ekternal lainnya. Bahwa untuk dalam proses persuratan tidak boleh ada perubahan surat dan dokumen tanpa seijin dari pihak terkait, selain itu juga sistem kemanan pada aplikasi persuratan juga menghindari adanya serangan virus atau hacker

Bagaimana Sobat Office ?

Itulah sedikit ulasan dari admin tentang perlunya keamanan data pada aplikasi e-Office persuratan yang kita miliki

Tetapi sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi, karena kini hadir sistem e-Office Persuratan yang sudah teruji kehandalannya, apa tiu? Yaitu aplikasi integraOffice Persuratan.

Ingin lebih jelas informasinya, langsung saja Kontak Kami

Tim kami akan siap sedia membantu Anda semua

Terima kasih dan semoga bermanfaat