Verifikasi Persuratan Lebih Mudah? Pakai Tanda Tangan Elektronik Saja!

2023-05-23T14:38:16+07:00 March 31st, 2022|Categories: Inspiration, Sharing Knowledge|Tags: , , |

Maksimalkan Teknologi Pendukung Persuratan Digital

TTE – Sebagai pelaku usaha, memaksimalkan penggunaan teknologi dalam aktivitas kerja tidak lagi menjadi sebuah pilihan, tapi sudah menjadi keharusan. Tanda tangan elektronik di era digital yang menuntut segalanya berjalan lebih mudah dan cepat, teknologi tentunya punya peran penting yang akan membantu kemajuan bisnis Anda. Pemanfaatan aplikasi digital untuk menjalankan dan mengelola usaha pun akan besar dampaknya dan dapat memanfaatkannya secara maksimal.

Segala urusan perkantoran dan lainnya bisa Anda selesaikan dengan efesien, cepat, dan tentu saja mudah. Satu inovasi yang paling masif diadopsi beberapa tahun belakangan oleh para pelaku usaha adalah Tanda Tangan Elektronik (TTE).  digital signature (tanda tangan digital), adalah teknik matematika yang dipakai untuk memvalidasi keaslian dan inetegritas pesan, perangkat lunak, maupun dokumen digital.

 

TTE sama pentingnya dengan tanda tangan basah

 Sama halnya dengan tanda tangan basah yang dibubuhkan di atas kertas, tanda tangan elektronik dianggap punya keabsahan dan kekuatan yang sama. Bagaimana bisa? Yang perlu lebih dulu dijadikan catatan, tidak semua tanda tangan elektronik bisa digunakan sebagai alat verifikasi dan autentifikasi. Hanya tanda tangan elektronik tersertifikasi lah, yang memiliki fungsi ini.

Agar lebih mudahnya, kita akan menyebut tanda tangan elektronik tersertifikasi dengan nama tanda tangan digital. Ini dinyatakan sah untuk mengkonfirmasi isi dokumen karena sudah memiliki identitas digital yang tersertifikasi, sesuai dengan yang tercantum pada UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Hal ini secara lebih detail dituangkan secara rinci dalam pasal 5 sampai pasal 12.

Baca juga:  Tanda Tangan Elektronik Sebagai Legalitas yang Sah, Efektif dan Efisien

 

Manfaatkan tanda tangan digital sebaik mungkin

Tanda tangan digital memberikan segudang manfaat yang tidak hanya terbatas pada efisiensi waktu dan biaya pada ragam transaksi elektronik, tapi juga memberi jaminan aman bagi penggunanya. Adanya “cap waktu” pada tanda tangan digital, memungkinkan Anda dengan mudah melacak, kapan dan oleh siapa tanda tangan tersebut diberikan. Sehingga pihak yang bersangkutan tidak bisa mengelak jika muncul masalah di kemudian hari.

Selama menggunakan tanda tangan digital bersertifikasi, Anda tidak perlu risau akan adanya kebocoran atau perubahan terhadap isi dokumen setelah proses penandatanganan. Tanda tangan digital telah dilengkapi dengan enskrip keamanan tingkat tinggi sehingga akan sulit untuk dipalsukan. Tanda tangan mudah dimanapun Anda berada? Siapa juga yang tidak mau! Ada baiknnya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan layanan tanda tangan elektronik.

 

Ada hikmah di balik pandemi

 Mulai dari sekarang dengan sedikit mempertimbangkan kondisi sekarang, meski perlahan pandemi Covid-19 mulai dapat diatasi. Dengan tetap menjalankan prokes ketat, ditambah dengan beberapa kegiatan masyarakat yang berangsur-angur kembali dilakukan secara tatap muka. Tapi tidak bisa dipungkiri jika situasi ekonomi kita masih dalam tahap pemulihan yang kian kemari makin bergantung pada kemajuan teknologi digital.

Banyak orang justru merasa lebih aman dan nyaman ketika melakukan segala aktivitasnya melalui daring. Seperti bekerja dari rumah dan berkorespondensi secara online, atau membeli kebutuh sehari-hari melalui e-commerce tanpa harus menginjakkan kaki ke luar rumah. Kenapa harus repot-repot melakukan mobilisasi hanya untuk tugas yang bisa dilakukan dari tempat dimanapun Anda berada kini?

 

Cukup dengan gadget di tangan dan jaringan internet yang stabil

Anda dapat dengan segera menyelesaikan proses perjanjian, kerjasama dan transaksi lainnya dengan sekali sentuh saja. Tunggu apa lagi, hubungi kami untuk diskusikan lebih lanjut kebutuhan aktivitas surat-mneyurat Anda dengan IntegraOffice sekarang juga. Kami akan dengan senang hati akan segera membantu!