integrasolusi.com –  Pandemi Covid-19 yang melanda  sejak awal tahun 2020 tentunya sangat berdampak dan mempunyai pengaruh yang besar terhadap berbagai sektor dan aktivitas kehidupan kita, terutama bagi aktivitas kerja di berbagai instansi dan perusahaan, baik instansi pemerintahan sampai dengan perusahaan di sektor swasta. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, banyak kebijakan-kebijakan dalam upaya mengurangi dampak penyebaran Covid-19 ini, tentunya akan membuat instansi/organisasi harus berpikir keras agar tetap bisa produktif di tengah pandemi.

Bayangkan saja, sebelum pandemi melanda, semua aktivitas kerja bisa dilakukan secara langsung atau dengan tatap muka, namun hal itu berputar secara 360 derajat, dan aktivitas tata muka harus dihindari. Yang jadi pertanyaan bagaimana solusinya jika banyak pembatasan dalam melakukan aktivitasnya? Kuncinya cuma satu, yaitu dengan melakukan transformasi digital.

Namun tahukah Anda apa itu transformasi digital? Menurut wikipedia Transformasi digital adalah bagian dari proses teknologi yang lebih besarTransformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan yang terdapat pada masyarakat. Atau dapat diartikan, transformasi digital sebagai konsep paperless dan berpengaruh ke seluruh aktivitas yang ada masyarakat.

Dengan adanya transformasi dari cara manual konvensional ke cara dengan penerapan sistem digital ini, diharapkan instansi/organisasi akan tetap bisa produktif dan bersaing meski dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Dengan  transformasi digital pada instansi/organisasi ini, dapat memicu motivasi dan peningkatan kinerja, karena memang sangat membantu dan memudahkan aktivitas pada instansi/organisasi.

Oleh karena itu, tentunya harus juga dipahami, bahwa transformasi digital itu penting dan mempunyai benefit bagi instansi/organisasi, di antaranya : 

 

 

  • Produktivitas karyawan akan tetap bertahan meski harus bekerja dari rumah (WFH)

 

Dengan adanya berbagai kebijakan pembatasan aktivitas, seperti pembagian shift dan kebijakan bekerja dari rumah (WFH) bagi sebagian instansi/organisasi. Transformasi digital akan sangat diperlukan terutama untuk berkomunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi antar anggota tim dalam upaya mencapai target pekerjaan yang telah di tentukan, ya tentu saja karena semua serba digital, aktivitasnya bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

 

  • Proses bisnis dan operasioanal instansi/organisasi bisa berjalan online

 

Masih berkaitan dengan adanya PSBB ataupun PPKM, yang tentu saja terkait pembatasan aktivitas, akan membuat instansi/organisasi sulit melakukan aktivitas proses bisnis seperti kondisi normal. Dengan transformasi digital dan semuanya dilakukan secara online yang memungkinkan instansi/organisasi secara otomatis mengelola semua proses bisnis melalui sebuah platform, mulai dari keuangan, pembelian, penjualan, inventaris hingga karyawan.

 

  • Membantu instansi/organisasi dalam beradaptasi dengan perubahan aktivitas pada berbagai aspek

 

Adanya pandemi ini tentu saja membawa dampak yang sangat luar biasa pada berbagai aspek kehidupan, terutama dalam aktivitas dan proses bisnis pada instansi/organisasi. Dengan mengimplementasikan transformasi digital ini, instansi/organisasi akan mudah untuk beradaptasi dan tetap mampu maju bersaing dengan lingkungan sekitarnya, yang semuanya dilakukan secara online dan terdigitalisasi dengan sistem. Sehingga aktivitas dan proses yang ada tetap bisa berjalan sesuai tujuan instansi/organisasi.

 

Sebenarnya selain 3 manfaat di atas, masih banyak sekali manfaat dari implementasi transformasi digial pada instansi/organisasi Anda. salah satunya adalah memudahkan dan menyingkat birokrasi yang ada, yaitu dengan aplikasi dan layanan IT dari integraOffice. Aplikasi integraOffice ini sudah mendukung apabila instansi/organisasi Anda ingin segera mengimplemntasikan transformasi digital dalam proses bisnisnya.

Mau tahu solusi apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengimplementasikan integraOffice di instansi/organisasi Anda?

Langsung saja hubungi kami sekarang 

 

 

 

NB : ingin berkonsultasi ionline secara gratis, silakan klik disini