Tips Menghindari Kejahatan Siber demi Kelancaran Bisnis

2024-01-04T09:17:45+07:00 May 30th, 2023|Categories: IT Consulting|Tags: , , |

integrasolusi.com – Kejahatan siber adalah salah satu ancaman bagi dunia bisnis yang akan selalu hadir. Mengetahui tips menghindari kejahatan siber bukan hanya soal keamanan, tetapi juga kelancaran bisnis. Apa saja strategi yang harus dilakukan setiap pemilik usaha?

Cara Mencegah Kejahatan Siber

Jenis kejahatan siber terus berkembang seiring waktu, tetapi pemilik bisnis bisa Bersiap menghadapinya. Inilah beberapa tips menghindari kejahatan siber yang wajib diterapkan pemilik usaha.

  • Buat Daftar Tingkat Risiko Data

Membuat daftar data yang dimiliki perusahaan serta tingkat risikonya penting untuk menciptakan strategi keamanan. Hal ini membantu perusahaan menciptakan skala prioritas dan menentukan strategi yang paling tepat sekaligus efisien.

  • Lakukan Evaluasi dan Pembaruan secara Berkala

Evaluasi rutin adalah cara menghindari cyber crime yang jenisnya semakin berkembang. Perusahaan akan mampu menemukan dan menganalisis jenis-jenis upaya pembobolan atau pencurian. Hal ini menjadi panduan untuk langkah keamanan.

Perusahaan juga wajib melakukan pembaruan berkala pada sistem perusahaan. Pembaruan ini dibuat berdasarkan skala risiko dan hasil evaluasi terbaru. Pembaruan sistem juga termasuk menambal “lubang” risiko yang mungkin luput dari perhatian.

 

Baca juga: 5 Jenis Kejahatan Siber yang Patut Diwaspadai

 

  • Buat Protokol untuk Upaya Pencurian Data

Perusahaan wajib memiliki protokol ketika mendeteksi upaya pencurian atau pembobolan data. Protokol ini digunakan untuk menganalisis berbagai hal, mulai dari kemungkinan penyebab hingga karyawan/departemen yang bertanggung jawab.

  • Pasang Sistem Keamanan terhadap Serangan DDoS

DDoS adalah jenis serangan siber yang menggunakan bot untuk membanjiri jaringan atau arus lalu-lintas ke situs. Akibatnya, kinerja situs melambat dan mengalami error atau bahkan down. Serangan macam ini sekarang sering terjadi sehingga perusahaan harus waspada.

Baca juga:  Strategi Mengoptimalkan Layanan IT di Lingkungan BUMN

Cara mencegah kejahatan siber berupa DDoS adalah pemasangan software khusus untuk menangkalnya. Perusahaan juga sebaiknya punya tim khusus untuk merespons serangan DDoS.

  • Gunakan Software Manajemen Data yang Aman

Software manajemen data biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan, seperti pembatasan akses, antivirus, dan antimalware. Perusahaan juga bisa memasang pembatasan akses sehingga hanya orang tertentu yang bisa mengakses dokumen.

 

Baca juga: Pentingnya Cara Mengatasi Cyber Crime di Era Transformasi Digital

 

Gunakan produk-produk dari inOffice sebagai salah satu tips menghindari kejahatan siber. Memadukan kecanggihan teknologi manajemen dengan keamanan siber, inOffice adalah solusi digital untuk kelancaran dan keamanan bisnis.