integrasolusi : sharing knowledge – Produktivitas kerja sering kali terhambat akibat manajemen waktu yang kurang baik. Kemampuan mengatur waktu sangat diperlukan agar bekerja bisa lebih efektif dan efisien. Jangan sampai akibat dari manajeman waktu yang kurang baik, kerja keras yang kita lakukan tidak membuahkan hasil yang maksimal. Sebab kerja keras saja tidaklah cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tapi juga perlu kerja cerdas. Berikut akan dijelaskan 7 tips agar kerja lebih produktif.

  1. Buat agenda mingguan

membuat agenda terkait gambaran pekerjaan yang akan dikerjakan di buku catatan. Atur waktu kapan pekerjaan tersebut akan mulai dikerjakan dan target waktu selesainya pekerjaan.

  1. Kurangi kebiasaan multitasking

multitasking atau mengerjakan banyak hal sekaligus dalam satu waktu mungkin terlihat seperti cara paling efektif untuk meraih hasil maksimal dalam waktu minimal. Nyatanya, multitasking malah kerap menjadi penghambat produktivitas nomor satu menurut beberapa sumber. Mengacu pada New York Times, multitasking dinyatakan mustahil efektif karena kemampuan memori otak yang terbatas. Menurut professor neurosains Earl K. Miller, cara kerja multitasking cenderung membatasi kreativitas dan memperbesar peluang terjadinya kesalahan. “Multitasking mustahil secara manusiawi” ujar Dr. Miller.

  1. Coba metode “Two Minute Rule

Metode Two Minute Rule mengajak kita untuk memulai pekerjaan dengan dua menit efektif. Caranya, jika kita bisa mengerjakan pekerjaan dalam dua menit atau kurang, segera lakukan. Tak harus menyelesaikannya dengan terburu-buru dan selesai 120 detik. Namun terbiasa memulai suatu pekerjaan secara taktis, tanpa distraksi dan menunda.

  1. Batasi waktu bekerja 

Berdasarkan penelitian dari Florida State University mengungkapkan sejumlah atlet, pemain catur, musisi, dan aktor lebih produktif jika berlatih dalam waktu maksimal 90 menit. Nah, mungkin hal itu bisa ditiru dengan membatasi waktu kerja, selingi dengan break sebentar setelah 90 menit bekerja. Jangan sampai stres karena tak terasa membiarkan waktu berlalu begitu saja dan tak memberi tubuh serta otak untuk rehat, yang justru akan menghambat produktivitas kerja kita.

  1. Mulai dengan goalkecil 

Karena menargetkan banyak tugas selesai dalam waktu singkat, kerja menjadi tertekan hasil pun tidak maksimal. Untuk mengatasinya, bisa dengan memulai dan pekerjaan dengan target terkecil dan beban termudah. Memulai dengan target kuantitas pekerjaan dan waktu yang realistis. Dengan target yang kecil dan realistis, target capaian lebih detail sehingga waktu kita tak banyak terbuang. Pada akhirnya, cara mengatur waktu yang baik adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas kerja.

  1. Fokus pada pekerjaan

Agar kita bisa menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu atau sesuai tenggat, tidak ada cara lain kecuali kita fokus pada pekerjaan  tersebut. Meninggalkan semua hal yang bisa berpotensi memunculkan gangguan terhadap proses kerja kita.

  1. Beristirahat

Jangan sepelekan istirahat di sela waktu kerja. Sebab otak bisa kelelahan yang mengakibatkan menurunnya konsentrasi, melambatnya pengambilan keputusan, dan berkurangnya kemampuan berpikir. Di samping meningkatkan konsentrasi, istirahat di sela waktu kerja menciptakan suasana hati yang baik dan memulihkan diri dari stres setelah berjam-jam bekerja. Energi dan pikiran yang kembali segar usai beristirahat juga menjadi cara untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Demikian penjelasan mengenai 7 tips bekerja lebih produktif, semoga kita semua bisa mempraktikkan dengan baik sehingga target yang sudah dibebankan pada kita bisa tercapai dengan maksimal.

Semoga bermanfaat, salam sehat untuk kita semuanya dan selamat beraktivitas