integrasolusi.com  – Seperti yang kita ketahui, kehadiran dan aktivitas karyawan/pegawai di tempat kerja sangat mempengaruhi dalam hal penilain produktivitas dan tentunya  juga dalam perhitungan gaji dan uang lembur yang akan diterima. Agar  hal tersebut terlaksana dengan baik dan sesuai dengan kebijakan perusahaan, tentunya pihak SDM/HRD harus bisa melakukan kontrol dan mengelola semua aktivitas karyawan dengan baik dan terpusat. Namun apa jadinya jika, kontrol dan pemantauan terhadap kehadiran dan aktivitas karyawan terganggu dan tidak berjalan sesuai kebijakan, tentunya akan berdampak buruk pada sistem penggajian karyawan dan jalannya aktivitas perusahaan kedepannya.

Belum lagi sekarang ini, sedang terjadi pandemic COVID-19 dan penerapan kebijakan dan protokol kesehatan yang ketat dari pemerintah, menyebabkan pihak manajemen perusahaan harus mengikuti anjuran dengan menerapkan sistem kerja dari rumah (WFH) dan sistem kerja shifting bagi karyawannya. Menghadapi hal tersebut, pastinya pihak HRD  perusahaan, harus bisa mencari cara agar tetap bisa memantau kehadiran dan aktivitas karyawannya secara real-time, baik yang sedang bekerja dari rumah (WFH) dan yang bekerja di kantor/perusahaan meskipun secara terbatas. Untuk memantau aktivitas dan kehadiran karyawan, bisa menggunakan  fitur-fitur atau aplikasi yang ada di smartphone, seperti absensi dan pelaporan aktivitas melalui media chatting, namun itu dirasa masih belum bisa maksimal, karena  masih tetap harus direkap secara manual yang nantinya bisa terjadi kendala, misalnya kesalahan dalam perekapan data dan aktivitasnya, yang menyebabkan HRD harus bekerja dua kali untuk pengelolaannya.

Sebagai solusinya, sebenarnya HRD bisa memanfaatkan berbagai macam aplikas e-Absensi digital yang kini banyak dijumpai dan dikembangkan oleh perusahaan IT, dengan menggunakan aplikasi e-Absensi, HRD tidak perlu direpotkan dengan dalam mengelola dan memantaulokasi kehadiran dan aktivitas karyawan pada jam kerja. Cukup dengan memantau pada level admin aplikasi, sudah bisa didapatkan rekapan data karyawan secara real-time. Dengan aplikasi e-Absensi, tidak perlu takut lagi akan terjadi kecurangan dalam absen, maupun kehilangan atau kesalahan dalam merekap absen, sehingga data-datanya dapat dipertanggungjawabkan ke pihak manajemen perusahaan.

Dan salah satu aplikasi e-Absensi online yang kekinian dan cocok untuk kebutuhan absensi karyawan yang mudah digunakan dan mudah di pantau oleh manajemen dan HRD adalah aplikasi integraOffice Absensi (iOA) yang dikembangkan sebagai solusi permasalahan absensi sekarang ini. Denga aplikasi e-Absensi iOA ini, karyawan hanya perlu absen menggunakan smartphone masing-masing tanpa harus antri di mesin absen, pihak HRD bisa memantau lokasi kehadiran secara real-time karena integraOffice Absensi ini dilengkapi dengan fitur GPS, meminimalkan kecurangan saat absen, karena juga sudah dilengkapi dengan Face Revognition, serta integraOffice Absensi ini juga dilengkapi dengan fitur Ubah Status Aktivitas yang terkoneksi langsung ke notifikasi WhatsApp level manajemen dan HRD perusahaan. Sehingga HRD lebih mudah memantau secara real-time, apa saja aktivitas yang dilakukan karyawan pada saat jam kerja, baik yang sedang bekerja dari rumah (WFH) ataupun yang kerja shifting  dikantor. Cukup mudah bukan?

 

Jangan ragu lagi untuk mengguanakan aplikasi integraOffice Absensi (iOA) nya!

Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan informasi detailnya dan layanan IT lainnya dari kami

Terima kasih dan Semoga bermanfaat.