Implementasi E-office sebagai keunggulan Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0

2023-05-24T08:57:33+07:00

integrasolusi.com – Pada saat ini kita sedang berada di era digital yang bekembang dengan pesatnya, yang lambat laun akan mengubah cara hidup, pola pikir kita dan cara bekerja kita dalam kehidupan kita sehari-hari baik secara pribadi maupun berhubungan dengan orang lain. Perkembangan teknologi saat ini merupakan bagian dari Revolusi Industri yang sudah berlangsung secara beberapa tahapan. Sedangkan era digital yang berkembang pesat saat ini , akan membawa kita ke depan pintu masuk Revolusi Industri 4.0 yang sudah didepan mata.

Apa itu Revolusi Industri 4.0? Seperti halnya  dengan Revolusi Industri yang sudah berjalan sebelumnya, istilah revolusi industri  4.0 ini sendiri muncul diawali dengan adanya mega proyek Pemerintah Federal Jerman terkait penggunakan  teknologi komputerisasi yang caggih disetiap pabrik di Jerman pada tahun 2012 dan berkembang hingga saat ini. Di negara kita, Revolusi Industri 4.0 diawali dengan pencanangan “Making Indonesia 4.0” oleh Presiden Joko Widodo pada acara Indonesia Industrial Summit pada tahun 2018 yang lalu, program tersebut sebagai bagian dari strategi industri secara nasional pada Revolusi Industri 4.0 yang meliputi berbagai bidang, Sehingga semua organisasi ditunutu untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan Industri 4.0, salah  satunya melalui pemanfaatan teknologi dan informasi dalam tata kelolah organisasi.

Dalam aktivitas sehari-hari, tentu banyak sekali aspek yang bisa didukung dengan menggunakan teknologi, ini bertujuan agar lahirnya sebuah proses kerja yang efisien dan efektif. Penggunaan teknologi dan informasi secara optimal dalam organisasi juga menunjukan bahwa organisasi tersebut tanggap dan agile dalam merespon sesuatu. Salah satu contohnya dengan menerapkan e-office dalam sebuah organisasi. Penerapan e-office akan membantu oranisasi lebih efektif dan efisien dalam menjalankan operasional sehari-hari. Seperti menggunakan aplikasi ddalam surat menyurat, pengarsipan dokumen secara online, bahkan sampai pada urusan absensi. urusan yang sepertinya sepelah ini tanpa kita sadari jika kita melakukannya dengan tepat justrsu bisa menjadi suatu keunggulan bersaing tersendiri bagi organisasi.

Baca juga:  PENTING : Ini Bahaya Konflik Antar Tim Jika Tidak Di Kelola Dengan Baik

Untuk itu integraOffice hadir sebagai solusi yang tepat, efektif, mudah dan efisien dalam menjalankan fungsi manajemen perkantoran yang sudah terintegrasi. Bagi organisasi Anda yang  ingin menerapkan e-office namun bingung harus memulainya dari mana ?

jangan khawatir silahkan hubungi kami untuk berkonsultasi secara gratis !!

 

 

 

 

 

 

Sumber
https://integrasolusi.com/blog/2019/04/15/digitalisasi-tata-kelola-pemerintahan-sebagai-bagian-revolusi-industri-4-0/