Manfaat Sistem Helpdesk di Instansi Pemerintahan

2024-01-08T10:00:28+07:00

integraOffice Helpdesk – Instansi Pemerintahan pada hakikatnya dibentuk untuk melayani masyarakat. Sudah menjadi rutinitas tentunya jika dalam kegiatan sehari-hari para ASN banyak disibukkan dengan kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini akan menyita banyak waktu atau kurang efisien jika di era modern seperti saat ini kegiatan pelayanan tersebut dilakukan secara konvensional atau biasanya dikenal harus selalu tatap muka secara langsung padahal seharusnya bisa dilakukan  secara daring, ataupun secara jarak jauh. Waktu dan proses yang dilakukan akan semakin efisien dan singkat jika kegiatan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan teknologi sistem helpdesk. Sistem helpdesk merupakan sistem manajemen informasi untuk membantu menangani kebutuhan user baik berupa pertanyaan, pelayanan, dukungan teknis, bahkan keluhan terhadap produk atau jasa tertentu dengan memanfaatkan sistem tikecting yang dikenal sebagai penomoran untuk memudahkan dalam menjawab kebutuhan customer atau penelusuran terhadap tindakan penyelesaian yang pernah dilakukan.

Penelusuran terhadap penyelesaian tiket yang pernah dilakukan akan sulit jika masih menggunakan cara manual, hal ini akan memakan waktu lama hanya untuk mencari tiket yang sudah pernah diselesaikan. Dampak lain dari masih menggunakan cara konvensional ini adalah kemungkinan akan menjawab pertanyaan yang sama berulang kali dalam kesempatan yang berbeda, tentunya masalah-masalah tersebut akan berakibat pada terhambatnya pelayanan. Lain halnya jika sudah menggunakan sistem helpdesk, menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan akan mudah dilakukan karena sudah ada template jawaban yang tersedia di sistem.

Manfaat lain penggunaaan sistem helpdesk adalah untuk pelayanan yang responsif, efektif, cepat, dan tepat serta monitoring pasca pelayanan yang mudah dilakukan yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya kepuasan dan kepercayaan masyarakat kepada layanan yang diberikan. Sesuai dengan hakikat dari pemerintah sendiri yang bertujuan melayani. Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah sebagai sumber feedback atas layanan yang diberikan, karena aplikasi helpdesk biasanya dilengkapi dengan survei pasca pelayanan berupa pertanyaan apakah layanan dan bagaimana jawaban yang diberikan oleh customer service sudah membantu atau belum sehingga dapat dijadikan ukuran untuk peningkatkan layanan ke depan.

Baca juga:  Alasan Mengapa Setiap Kita Harus Belajar Marketing !

Jadi, sistem helpdesk sudah menjadi kebutuhan bagi instansi pemerintahan terlebih bagi instansi yang tugasnya setiap hari adalah melayani. Apakah di instansi perusahaan anda juga mengalamin seperti ini ? Kebutuhan anda bisa kami bantu dengan gunakan integraOffice Helpdesk, karena dengan kemudahan yang didapatkan dari penggunaannya akan menjadikan pelayanan menjadi prima.
Aplikasi integraOffice Helpdesk sudah cukup dikenal di beberapa instansi perusahaan yang telah mempercayai jasa layanan kami. Tentunya sangat memberikan solusi kemudahan user untuk akses integraOffice Helpdesk dalam menangani keluhan. Tidak perlu khawatir, kami siap memberikan pemaparan via daring, segera hubungi tim integraOffice dan silahkan diskusikan kebutuhan anda.

Semoga Bermanfaat #SobatOffice