PENTING : Ini Alasan Mengapa Harus Ada Knowledge Management  System Dalam Perusahaan

2023-05-23T20:09:54+07:00

integrasolusi.com – Kita tentu sepakat, bahwa knowledge atau pengetahuan yang melekat pada karyawan kita merupakan hal yang penting untuk dikelolah. Bahkan ada sebagian perusahaan yang menganggap itu sebagai aset perusahaan. Bagaimana tidak ? pekerjaan yang dilakukan tentu harus didasarkan pada pengetahuan yang tepat. Namun yang jadi permasalahan adalah bagaimana jika knowledge yang ada pada karyawan tidak merata, ada sebagian orang yang sudah berpengalaman atau memiliki banyak pengetahuan, namun ada juga sebagian orang yang masig belum banyak paham mengenai pengetahuan yang harusnya dia miliki. Akses untuk mendapatkan knowledge ini juga harus diperhatikan, artinya jangan sampai karyawan mengalami kesulitan untuk mencari atau mengakses knowledge yang dia butuhkan.

Manajemen pengetahuan atau knowledge management system  sangat penting bagi sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan tersebut bisa berkembang pesat. Knowledge management system berfungsi sebagai pendekatan yang terencana dan juga sistematis agar menjamin penerapan pengetahuan organisasi yang baik. Sekaligus meningkatkan gagasan, inovasi, pemikiran, kompetensi dan keahlian. Dengan begitu organisasi bisa berjalan lebih terarah, efektif dan efisien. Nah,pada kesempatan ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat menerapkan knowledge management system bagi perusahaan Anda, antara lain adalah :

  1. Menciptakan Pengambilan Keputusan yang Lebih Tepat

Setiap keputusan akan lahir dengan pemikiran yang sangat matang. Karena diputuskan berdasarkan berbagai pertimbangan penting berdasarkan pengalaman dan informasi yang ditinjau dari beragam aspek penting. Sebagai contoh knowledge sharing yang senantiasa mempelajari dinamika pasar dan sekaligus tuntutan yang dibutuhkan konsumen. Dengan begitu menjadikan perusahaan selalu fokus hanya menjual sesuatu yang memang digemari dan diperlukan oleh konsumen atau target pasar.

 

  1. Meningkatkan Layanan Pada Pelanggan

Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan bukan hanya menjadi tanggung jawab customer service dan tenaga pemasaran saja. Tapi merupakan tugas bersama seluruh bagian organisasi tersebut. Dengan demikian terjadi jalinan kerjasama yang baik antara divisi. Sehingga tercipta tim kerja yang kuat yang tidak hanya memikirkan kepentingannya sendiri saja.

Baca juga:  Kolaborasi dengan integraOffice, Kerja Lebih Tentram dan Efektif

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Dengan penguasaan manajemen pengetahuan ini, maka setiap orang dalam sebuah organisasi akan lebih mudah dalam melakukan adaptasi. Terutama atas segala kejadian yang bisa mengakibatkan perubahan tertentu pada lingkungan bisnis.

 

  1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Pengetahuan yang telah tersedia bisa dimanfaatkan secara berulang guna mengembangkan proses produksi atau mengembangkan produk perusahaan. Dengan demikian tingkat produktifitas sebuah organisasi akan senantiasa meningkat.

 

  1. Meningkatkan Aset Pengetahuan

Adanya sumber pengetahuan bisa menambah kemudahan bagi semua karyawan agar bisa memanfaatkannya. Dengan begitu sumber pengetahuan itu bisa meningkat pemanfaatannya. Sehingga bisa mendukung proses kreatifitas dan juga mengembangkan berbagai inovasi. Seluruh karyawan diharapkan dengan penguasaan manajemen pengetahuan ini bisa meningkatkan kompetensinya.

 

Kesuksesan sebuah organisasi untuk memenangkan kompetisi bisa dilakukan dengan cara merancang dan mengaplikasikan strategi secara tepat. Knowledge management System adalah strategi unggul yang bisa diandalkan organisasi.

Setiap organisasi harus bisa melakukan eksplorasi sumber daya, pengetahuan sekaligus kapabilitas yang dimiliki organisasi.

yuk segera hubungi kami untuk informasi lebih lanjut !

 

 

 

 

 

 

SUMBER :
https://pakarkinerja.com/manfaat-knowledge-management-atau-manajemen-pengetahuan-bagi-bisnis-perusahaan/#:~:text=Manajemen%20pengetahuan%20atau%20knowledge%20management%20sangat%20penting%20bagi%20sebuah%20perusahaan.&text=Knowledge%20management%20berfungsi%20sebagai%20pendekatan,%2C%20pemikiran%2C%20kompetensi%20dan%20keahlian.