integraOffice Absensi – Apa itu absensi? Berdasarkan artinya absensi adalah ketidakhadiran. Akan tetapi absensi yang dimaksud dalam hal ini adalah sebuah dokumen yang mencatat kehadiran setiap karyawan di perusahaan. Catatan kehadiran ini bisa berupa daftar hadir manual atau konvensional, atau dapat juga berupa catatan kehadiran online

Pada umumnya, absensi masih dilakukan menggunakan fingerprint atau pencatatan secara manual yang dipasang pada masing-masing divisi di perusahaan. Penggunaan fingerprint ini dilakukan ketika karyawan hadir dan pulang dari kantor. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat beberapa perusahaan mulai beralih ke absensi online

Tujuan Adanya Absensi

Sebelum membahas mengenai absensi online, yuk kita bahas dulu apa sih tujuan dari adanya absensi itu sendiri. 

Absensi merupakan hal wajib yang ada di perusahaan ataupun instansi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan karyawan dalam bekerja. Tujuan lain dari absensi adalah untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan, mengetahui keaktifan karyawan serta sebagai bahan laporan. 

Dengan adanya absensi perusahaan jadi lebih mengetahui siapa saja pekerja yang rajin masuk kerja dan datang lebih awal serta siapa saja pekerja yang seringkali terlambat bekerja. Dengan begitu perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi kepada para karyawannya. Selain itu, dengan adanya absensi ini dapat membantu meningkatkan mutu dari perusahaan itu sendiri. 

Penjelasan Absensi Online

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari absensi, lantas apakah itu absensi online

Absensi online adalah pencatatan kehadiran dengan sistem cloud yang terhubung dengan database secara realtime. Sistem cloud ini akan menyimpan data absensi secara otomatis tanpa perlu melakukan rekapitulasi. Selain itu, data absensi yang telah masuk dapat diakses di mana pun dan kapan pun, dengan catatan kamu tetap terhubung dengan jaringan internet.

Dengan software berbasis cloud dalam memanajemen data absensi karyawan ini, absensi online dapat melakukan tracking pegawai berdasarkan lokasi (GPS) dan face recognition, serta bisa mencatat jam kerja secara realtime juga memantau aktivitas kehadiran karyawan dengan efektif dan efisien. 

Perbandingan Absensi Online dengan Absensi Konvensional

Terdapat beberapa perbandingan antara absensi online dengan absensi konvensional, di antaranya sebagai berikut: 

  1. Jika kamu menggunakan absensi konvensional, kamu harus datang ke tempat untuk absen, sedangkan jika kamu menggunakan absensi online kamu bisa melakukannya di mana pun kamu berada atau multi lokasi.
  2. Penggunaan absensi konvensional menjadikan kamu lebih sering melakukan kontak fisik dengan alat absen, sedangkan dengan absesnsi online kamu bisa mengurangi kontak fisik dengan alat. Hal ini juga menjadikan sangat aman di masa pandemi seperti sekarang ini. 
  3. Absensi konvensional cenderung membuat antrian panjang saat mengisi presensi, sedangkan menggunakan absensi online kamu tidak berlama-lama mengantri karena kamu dapat melakukannya menggunakan ponselmu.  
  4. Peralatan absensi konvensional cenderung rawan rusak karena seringnya pemakaian, tidak hanya itu, penggunaan absensi konvensional memerlukan perawatan yang rutin. Sebaliknya, dengan menggunakan absensi online kamu tidak perlu khawatir alatnya akan rusak karena absensi ini hanya membutuhkan smartphone kamu. 

Nah, setelah mengetahui penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan absensi online? Pastinya tertarik dong. Bagaimana tidak, dengan segala keefektifannya absensi online dapat menjadikan masalah pengisian daftar hadirmu menjadi lebih mudah. 

Jika kamu ingin masalah presensimu menjadi lebih mudah, kamu harus beralih dari absensi konvensional menuju ke absensi online. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir untuk mengantri lagi saat absen dan tidak perlu khawatir terjadi kecurangan saat mengisi presensi. 

Absensi online yang juga sering disebut sebagai absensi digital atau e-presensi ini dapat memudahkan pekerjaanmu, terutama di era pandemi seperti saat ini. Adanya imbauan work from home dari pemerintah pun membuat e-absensi ini sangat mudah dan menguntungkan. Jadi, bagi kamu yang masih menggunakan absensi konvensional segera beralih ya! Agar kamu bisa merasakan keunggulannya. Selamat mencoba!