integrasolusi.com – Halo #sobatoffice ! Semoga sehat selalu ya! Semoga pandemic ini cepat berlalu. Oiya, sudah pada tahu kan? Atau setidaknya pernah mendengar kata-kata followership, ya benar, followership memang asalnya dari kata follower, mungkin sebagian #sobatoffice juga sudah pernah mendengar dan tahu dari media sosial, yang semuanya memang berhubungan dengan pengikut (follower) dari akun media sosialnya. Namun kali ini, admin akan mencoba membahas tentang pentingnya  kepengikutan (followership) pada organisasi/instansi/perusahaan yang tidak banyak diketahui.

Tetapi tahukah #sobatoffice apa sih followership itu?

Followership ini pertama kali dikenalkan oleh Robert Kelley pada bukunya yang berjudul “in Praise of Follower “ diterbitkan oleh Harvard School Of Business pada tahun 1988(Baker, 2007), “Followership adalah suatu kemampuan dan keinginan untuk melakukan tingkah laku tertentu dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam memenuhi tujuan bersama “.  Followership juga merupakan bagian dari Leadership dan  menjadi bagian yang tak terpisahkan.

Selain itu followership merupakan konsep yang sederhana, konsep ini membahas bagaimana menerima arahan dengan baik,menjalankan suatu program yang telah disusun, menjadi bagian dari suatu tim danmenyampaikan hasil terbaik atas hal yang telah dilakukan(McCallum, 2013).

Jadi followership dapat juga dikatakan bagaimana cara individu dalam suatu kelompok, menerima  sesuatu arahan atau informasi dari individu yang menjadi pusat di kelompok tersebut.

Dan masih menurut Robert Kelley, ada beberapa tipe followership yang ada disetiap individu, seperti antara lain :

  1. Sheep : individu yang sangat pasif dan butuh motivasi dari leader atau individu lain dalam kelompoknya
  2. Yess-man : ini tipe orang yang selalu berkomitmen untuk pemimpin kelompok, dan akan selalu di baris terdepan dalam menjalankan perintah dari pimpinan.
  3. Pragmatis : ini tipe-tipe orang yang tidak proaktif sama sekali, dan akan mengikuti apa yang menjadi sebagian besar kelompoknya.
  4. Alien : ini sebenarnya tipe yang cerdas, tetapi kurang cocok dengan anggota tim yang lain dan cenderung untuk menurunkan semangat anggota tim lain. Tipe ini cenderung akan selalu mempertanyakan keputusan dari pimpinan yang telah disepakati bersama.
  5. Star follower : Individu ini teladan yang pemikir positif dan aktif,. Tipe ini tidak akan secara membabi buta menerima keputusan atau tindakan seorang pemimpin sampai mereka tpahami   Selain itu, pengikut jenis ini bisa berhasil tanpa kehadiran seorang pemimpin

Mengapa followership penting dalam organisasi?

Yang jelas sangat penting dan erat sekali hubungannya, terutama erat kaitannya dengan leadership, karena tanpa adanya kepengikutan yang militan, tentu saja leadership dalam organisasi akan mengalami Kendala-kendala yang bisa muncul secara tiba-tiba. Yang pasti followership selalu ada dalam setiap organisasi/perusahaan, karena berkaitan dengan individu-individu yang mempunyai peran dan berkontribusi pada jalannya organisasi/perusahaan. Disini ada beberapa prinsip yang harus dimiliki individu agar  berperan dan berkontribusi secara maksimal pada organisasi, antara lain :

  1. Quick response : individu-individu harus mempunyai respon yang cepat, fokus pada tugas dan target yabg akan dicapai, tanpa harus menunggu berlama-lama dan tetap mengutamakan hasil agar sesuai harapan dari organisasi.
  2. Berinsiatif : individu-individu yang harus selalu berinisiatif dan memberikan masukan-masukan pada keputusan dari organisasi, tipe individu ini sangat memperhatikan perkembangan dari organisasi , dan menginginkan organisasi menjadi lebih baik lagi.
  3. Imajinatif : individu yang ada harus punya imajinasi atau gambaran bagaimana seharusnya organisasi dengan ide-ide yang belum terpikirkan oleh anggota tim yang lainnya. Semuanya itu dilakukan agar organisasi bisa berjalan dengan baik sesuai visi misinya.
  4. Berintegritas : harus selalu memegang prinsip integritas dengan tanpa kompromi untuk berkata benar dan berlaku benar. Buktikan bahwa diri Anda dapat dipercaya bukan saja oleh atasan Anda tapi juga oleh setiap orang. Maka Anda juga akan mendapatkan kepercayaan lebih lagi.
  5. Harus Up to date : individu-individu sebagai bagian dari organsasi, harus selalu up to date dengan informasi dan keterangan yang jernih dan jelas. Dengan demikian seorang leader  dapat mengetahui informasi penting dan bermanfaat bagi organisasi secara jelas apapun kondisinya.

 

Nah itulah beberapa uraian mengapa followership juga penting pada organisasi Anda. Dan setidaknya organisasi/perusahaan bisa mengetahui setiap individu yang ada di dalamnya, mana saja yang  bisa berperan dan berkontribusi secara aktif, dan mana saja yang tidak berkontribusi. Sehingga organisasi bisa mengambil keputusan ke arah mana dan dengan cara bagaimana dapat mencapai visi dan misi organisasi.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Disadur dari berbagai sumber :
https://www.blj.co.id/2013/03/14/followership-sama-penting-dengan-leadership/
https://joglosemarnews.com/2018/04/leadership-dan-followership/
https://samahitawirotama.com/jenis-followership-dalam-dunia-organisasi/